Aneka Resep: RESEP Donat Empuk dan lembut Anti Gagal

  • 3 min read
  • Mar 03, 2021

RESEP Donat Empuk dan lembut. Terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur kemudian dicampur rata, di uleni, lalu dibentuk bulat dengan ciri khas lubang di tengahnya yang menyerupai cincin besar. Sekarang, donat nggak cuma bolong tengahnya lho, udah ada donat nggak pakai bolongan. Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang.

Nah, donat kampung yang empuk dan menggoda bisa Anda nikmati setiap saat. Donat pisang yang gurih dan legit ini akan sangat cocok dinikmati saat sarapan atau sebagai pencuci mulut setelah makan Ladies. Donat ini begitu lembut dan juga lezat serta akan memanjakan lidahmu.

Sedang mencari ide resep resep donat empuk dan lembut yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal resep donat empuk dan lembut yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari resep donat empuk dan lembut, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan resep donat empuk dan lembut enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur kemudian dicampur rata, di uleni, lalu dibentuk bulat dengan ciri khas lubang di tengahnya yang menyerupai cincin besar. Sekarang, donat nggak cuma bolong tengahnya lho, udah ada donat nggak pakai bolongan. Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan resep donat empuk dan lembut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan RESEP Donat Empuk dan lembut menggunakan 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan RESEP Donat Empuk dan lembut:

  1. Siapkan Bahan A.
  2. Siapkan 250 g tepung terigu protein tinggi cakra kembar.
  3. Gunakan 2 butir kuning telur.
  4. Siapkan 2 sdm susu bubuk.
  5. Siapkan 30 g gula.
  6. Siapkan 130 ml air.
  7. Gunakan Bahkan B.
  8. Siapkan 30 g margarin.
  9. Siapkan 1 1/2 sdt ragi instan.
  10. Gunakan Sedikit garam.

Selain rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan halus pun membuat donat jadi camilan yang enak. Umumnya, donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega, dan gula. Namun, tak jarang banyak juga yang mengganti tepung terigu dengan kentang. Bukan tanpa alasan, donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang jauh lebih lembut dibanding donat terigu.

Langkah-langkah menyiapkan RESEP Donat Empuk dan lembut:

  1. Masukkan tepung telur masukkan gula kedalam air aduk aduk sampai gula larut lalu masukkan kedalam tepung sedikit demi sedikit aduk mengunakan spatula.
  2. Setelah semua tercampur uleni pakai tangan sebentar supaya semua bahan tercampur dengan merata kemudian tutup kain bersih diam kan 6 sampai 8 jam tergantung cuaca di tempat kalian bila cuaca panas 5 sudah cukup.
  3. Setelah di istirahatkan adonan nya bila di tarik gak gampang putus membentuk glutennya secara alami.
  4. Sekarang masukkan bahan B campur ragi dengan 3 sendok air aduk aduk sampai membentuk pasta lalu masukkan ke adonan aduk sebentar setelah tercampur rata lalu masukkan margarin garam uleni selama 5menit coba rentang kan bila tidak putus itu sudah kalis elastis kemudian rounding olesi wadah dengan minyak tipis tipis tutup serbet istirahstkan 20 menit.
  5. Setelah 20 menit kempiskan adonan uleni sebentar bagi menjadi 15 bagian jika kalian tidak punya timbangan kira kira saja siap kan kertas roti / minyak rounding/ bentuk sampai permukaan nya mulus setelah selesai pipihkan adonan lubangi donat dengan tugup botol or spuit setelah selesai diamkan 10 menit.
  6. Setelah 10 goreng adonan mengunakan api kecil saat di goreng donat jangan di bolak balik cukup sekali biar donat tidak banyak menyerap minyak.
  7. Lakukan sampai semua selesai bila donat di angkat jangan di tumpuk tumpuk biar donat tidak kempis jadi deh ! Hias donat sesuai selera kalian ya# Cabeku.

Donat bikinan ibuku, bentuk dan rasanya tuh donat zaman dulu banget. Sementara aku pengennya donat zaman sekarang yang empuk dan lembut seperti yang dijual di gerai-gerai donat terkenal. Yup, ciri khas donat JCO adalah tesktur-nya yang lembut, empuk tapi kopong. Berbeda dengan olahan donat pada umumnya yang empuk dan padat layaknya Dunkin Donut's dan juga olahan donat kentang yang cepat bikin kenyang. Kalau olahan resep donat JCO mah bener-bener lembut banget.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan RESEP Donat Empuk dan lembut yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *