Cara Gampang Memasak Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget, Menggugah Selera

  • 3 min read
  • Feb 01, 2021

Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget. Resep Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget. Lihat juga resep Donat Ubi Ungu🍠 enak lainnya. Resep Donat Ubi Jalar Farah Quinn – Salah satu pemanfaatan ubi jalar yang cukup melimpah yaitu diolah menjadi donat.

Agar empuk, donat harus dibuat mengembang maksimal. Untuk itu, diharapkan proses pembuatan adonan yang tepat. Resep Donat Ubi Jalar Farah Quinn – Salah satu pemanfaatan ubi jalar yang cukup melimpah yaitu diolah menjadi donat.

Lagi mencari ide resep donat ubi jalar empuk dan lembut banget yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat ubi jalar empuk dan lembut banget yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat ubi jalar empuk dan lembut banget, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan donat ubi jalar empuk dan lembut banget yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Resep Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget. Lihat juga resep Donat Ubi Ungu🍠 enak lainnya. Resep Donat Ubi Jalar Farah Quinn – Salah satu pemanfaatan ubi jalar yang cukup melimpah yaitu diolah menjadi donat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah donat ubi jalar empuk dan lembut banget yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget menggunakan 9 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget:

  1. Siapkan 500 gram tepung terigu protein tinggi.
  2. Siapkan 200 gram ubi jalar (rebus dan haluskan).
  3. Sediakan 2 butir kuning telur.
  4. Sediakan 1 sachet susu bubuk vanilla.
  5. Sediakan 2 sdt fernipan.
  6. Gunakan 6 sdm gula halus.
  7. Gunakan 240 ml air dingin (bisa pakai susu uht).
  8. Siapkan 50 gram mentega/margarin.
  9. Sediakan 1/4 sdt garam.

Rasanya cukup unik, ada aroma khas, juga teksturnya yang lembut dan empuk. Tentu saja, untuk mendapatkannya semua ada tehniknya. Resep Donat Ubi Ungu – Siapa sih yang tak mengenal ubi ungu? Ubi ungu yang masuk ke kategori ubi jalar ini merupakan salah satu makanan yang di sukai banyak orang.

Langkah-langkah membuat Donat Ubi Jalar Empuk dan Lembut Banget:

  1. Rebus ubi setelah matang haluskan. Untuk air disini saya pkai 120ml air hangat untuk aktifkan fernipan dlu, karena ada sisa fernipan di lemari es takutnya sdah gak aktif, dan 120ml air dingin. Kalau yakin fernipan aktif bisa langsung di campur ya dan air full dingin..
  2. Masukkan tepung, susu bubuk, gula, aduk biar rata. Masukkan ubi dan kuning telur, aduk sampai tercampur rata. Masukkan fernipan yg sudah di aktifkan tadi, dan sisa air, uleni semua hingga setengah kalis..
  3. Setelah adonan setengah kalis masukkan mentega dan garam, uleni lagi hingga kalis..
  4. Jika sudah kalis, bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan, saya tidak timbang, langsung sesuai feeling untuk ukurannya. Istirahatkan kurang lebih 20-25 menit dengan di tutup kain bersih.
  5. Setelah mengembang, buat lubang donat dengan jari telunjuk yg sudah di beri tepung, supaya tidak lengket. Diamkan kembali adonan kurang lebih 45-50 menit, sampai mengembang 2x lipat, jangan lupa di tutup ya..
  6. Jika sudah mengembang donat siap untuk di goreng. Goreng menggunakan api kecil, dan dengan teknik sekali balik agar tidak menyerap banyak minyak..
  7. Ini awal pertama saya bikin donat ubi dan langsung berhasil, hasilnya bener-bener empuk, lembut, sudah dingin pun masih sangat empuk..
  8. Ini saya goreng setengah matang untuk stok donat frozen, baru pertama bikin sih, semoga nanti pas di goreng lagi hasilnya maksimal.
  9. Update, setelah 3hari di frozen, hasilnya tetap empuk dan lembut saat di goreng, gak keras sama sekali, tetap seperti fresh.

Lihat juga resep Donat Ubi Ungu enak lainnya.. saya modif pake ubi ungu. Cuma emang belum sesuai harapan banget bentuknya, karena kemarin stok terigu protein tinggi habis, jadinya pake terigu protein sedang.. Donat yang empuk dan gurih biasanya menggunakan campuran kentang. Tetapi Anda juga bisa menggantinya dengan umbi-umbian lain yang memiliki tekstur serupa, misalnya ubi jalar. Pisang juga bisa digunakan untuk membuat donat yang empuk dan wangi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat donat ubi jalar empuk dan lembut banget yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *