Resep: Donat Susu lembut, Enak Banget

  • 3 min read
  • Mar 05, 2021

Donat Susu lembut. Terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur kemudian dicampur rata, di uleni, lalu dibentuk bulat dengan ciri khas lubang di tengahnya yang menyerupai cincin besar. Siapkan juga susu hangat untuk mencampur adonan. Seperti yang sudah kita tahu, air hangat akan membuat ragi menjadi lebih aktif.

Pukul telur sedikit dan campurkan bersama mentega cair tadi. Donat yang gebu dan lembut memang jadi kegemaran ramai. Bagi anda yang nak buat donut yang sedap, resipi perkongsian saudari Zurina Kifli ni boleh dicuba.

Anda sedang mencari ide resep donat susu lembut yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat susu lembut yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat susu lembut, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan donat susu lembut yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur kemudian dicampur rata, di uleni, lalu dibentuk bulat dengan ciri khas lubang di tengahnya yang menyerupai cincin besar. Siapkan juga susu hangat untuk mencampur adonan. Seperti yang sudah kita tahu, air hangat akan membuat ragi menjadi lebih aktif.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah donat susu lembut yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Donat Susu lembut memakai 18 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Donat Susu lembut:

  1. Gunakan 500 gr Tepung Terigu.
  2. Sediakan 150 ml Susu bubuk yang telah dicairkan.
  3. Gunakan 2 btr telur, (1 kuningnya saja).
  4. Sediakan 7 gr Ragi instan.
  5. Gunakan 100 gr gula pasir.
  6. Ambil 4 sdm mentega.
  7. Siapkan 1 sdm Vanili.
  8. Ambil 1/2 sdm garam.
  9. Siapkan Bahan2 Toping ;.
  10. Ambil Coklat batangan aroma mangga.
  11. Ambil Coklat batangan aroma green tea.
  12. Gunakan White coklat.
  13. Siapkan Bubuk mutiara warna warni.
  14. Gunakan Kacang tanah instan.
  15. Gunakan Ceres coklat.
  16. Sediakan Ceres warna warni.
  17. Ambil Coklat chip.
  18. Siapkan sesuai selera Dll.

Setelah percubaan demi percubaan, inilah resepi donut yang berjaya dihasilkan oleh Puan Nurul Azfa Azizan atau lebih mesra dengan panggilan Kak Nurul. Katanya, resepi ini menghasilkan teksturnya donut yang sangat lembut 'seperti pipi baby yang bam bam'. Walaupun digoreng waktu petang, malamnya pun masih lembut dan boleh dimakan keesokan paginya. Umumnya bentuk donat itu kayak cincin gitu, ada bolongan di tengahnya.

Cara membuat Donat Susu lembut:

  1. Terlebih dahulu aktifkan ragi : Masukkan ragi digelas kemudian campurkan dengan gula putih 1 sdm+susu cair 2 sdm aduk kemudian biarkan selama 10 menit sampai berbuih.
  2. Setelah ragi aktif, Siapkan wadah besar masukkan tepung+gula+telur +ragi, uleni sampai tercapur rata.
  3. Lalu Masukkan mentega sdikit demi sedikit sambil diuleni, setelah tercampur masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni terus menerus, uleni sampai adonan berserat dan tidak lengket dan tidak mudah robek jika ditarik.
  4. Diamkan diwadah sambil ditutup plastik dengan karet, kemudian biarkan 45 menit sampai mengembang.
  5. Setelah mengembang, tekan pelan2 uleni terus menerus, kemudian bentuk sesuai selera, atau bisa dengan cetakan donat saya buat ukuran 40 gr jadi tidak terlalu besar donatnya. Letakkan di atas loyang sebelumnya dilapisi tepung agar donat tidak lengket, Kemudian biarkan selama 40 menit sampai mengembang.
  6. Goreng donat dengan minyak banyak, diatas api kecil, kemudian jika kecoklatan balik donat sekali saja, (jangan dibolak balik nanti akan banyak terserap minyak dan donat tidak sempurna) saya buatnya buru2 ngejar buka puasa shai, jadi bentuknya ga bulat h3heπŸ™πŸ».
  7. Hias donat yang masih hangat dengan topping sesuai selera, Cemilan kamu siap disantap shaiii 🍩🍩❀😊.

Sekarang, donat nggak cuma bolong tengahnya lho, udah ada donat nggak pakai bolongan. Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang. Ini nih yang mau kita intip resepnya. Resep donat kentang yang empuk, enak, dan lembut. Cara Membuat Donat – Donat merupakan salah satu camilan yang paling banyak digemari anak-anak.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat donat susu lembut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *