Aneka Resep: Roti Canai/ maryam/paratha, Enak

  • 2 min read
  • Jun 15, 2021

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep roti canai/ maryam/paratha ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! roti canai/ maryam/paratha merupakan salah satu menu makanan yang paling digemari. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Banyak orang tidak berani memasak roti canai/ maryam/paratha karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti canai/ maryam/paratha! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Roti canai or roti paratha is a crispy Indian flat bread found in Malaysia. Learn how to make roti canai from scratch with this easy recipe and video. Originated from southern India, roti canai is sometimes called roti paratha or roti prata.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat membuat roti canai/ maryam/paratha hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep roti canai/ maryam/paratha!

Untuk membuat Roti Canai/ maryam/paratha, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan:.
  2. Siapkan 250 gr of tepung protein tinggi/cakra.
  3. Dibutuhkan 130 ml of susu cair.
  4. Dibutuhkan 1 btr of kuning telur.
  5. Ambil 1 sdm of gula pasir.
  6. Ambil 1/2 sdt of garam.
  7. Siapkan 3 sdm of mentega cair.
  8. Dibutuhkan of Olesan:.
  9. Dibutuhkan Secukupnya of mentega cair.
  10. Diperlukan of Toping:.
  11. Diperlukan sesuai selera of Gula, coklat.

These roti are modified and made famous by Mamak. Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Bahan dasarnya kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee.

Proses memasak Roti Canai/ maryam/paratha:

  1. Campur semua bahan kecuali mentega, aduk sampai rata lalu masukkan mentega cair, uleni sampai 3/4 kalis lalu diamkan 15 mnt..
  2. Setelah itu bagi adonan sesuai selera dan bulatkan, kemudian rendam dg minyak sekitar 2 jam, tutup adonan agar tetap lembab..
  3. Ambil satu bagian, tipiskan dg rolling pin atau tekan2 setipis mungkin, olesi dg mentega cair lalu kerat adonan bagian tengah ke pinggir kemudian gulung perlahan dan bulatkan ujung2nya dijadikan satu dan tumpuk, lakukan sampai habis..
  4. Pipihkan gulungan adonan menggunakan tangan dengan ketebalan sesuai selera..
  5. Panaskan teflon, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaan berwarna kecoklatan, sebagian saya goreng setengah matang utk di frozen jika pengen tinggal panasi lagi😁.
  6. Bisa diberi toping taburan gula, skm atau bisa di mkn dg kuah kari sesuai selera.

Merupakan roti pipih berbahan dasar terigu dan lemak yang banyak ditemukan di Malaysia, India, Singapura, Indonesia, dan negara lain. Rasanya cenderung tawar dan gurih karena dimasak dengan lemak (minyak). Roti maryam itself is influenced by paratha, a flatbread that originated in the Indian subcontinent. A word "roti" means bread in Bengali, Hindi, Indonesian, Malay, Pashto, Punjabi and Urdu. Roti Canai is an all-time Malaysian favourite that is best eaten piping hot with any of your favourite curry.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat roti canai/ maryam/paratha. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *