Cara Mudah Membuat Roti Maryam (atau Canai) Anti Gagal

  • 2 min read
  • May 04, 2021

Ingin masak roti maryam (atau canai) yang nikmat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep roti maryam (atau canai) terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan roti maryam (atau canai)! Sajian spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Sebagian Besar orang takut mulai memasak roti maryam (atau canai) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari roti maryam (atau canai)! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Nama lain dari roti maryam adalah roti canai, bagi sebagian orang jenis roti ini kerap dijadikan camilan atau sebagai menu sarapan pagi. Roti maryam memang sangat mudah ditemukan, namuan sayangnya masih sedikit yang bisa membuat roti satu ini. Resep Roti Maryam – Wikipedia Indonesia, roti mariyam (sebutan di kampung peranakan Arab di Surbaya), roti cane, roti konde (sebutan orang Jawa), atau roti canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India yang banyak ditemukan di Indonesia.

Teman-teman dapat memasak roti maryam (atau canai) hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin roti maryam (atau canai) yuk!

Untuk menyiapkan Roti Maryam (atau Canai), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 300 gr of tepung terigu protein sedang (saya segitiga biru).
  2. Siapkan 3 sdm of margarin cair (saya blue band).
  3. Sediakan 1 sachet of susu bubuk vanilla (SKM juga boleh).
  4. Siapkan 1 butir of telur.
  5. Dibutuhkan 100 ml of air hangat.
  6. Sediakan of Sejumput garam.

Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Bahan dasarnya kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee. Resep Roti Maryam – Roti Maryam atau yang juga dikenal sebagai "Roti Canai" merupakan sejenis roti yang berbentuk pipih dan merupakan roti khas Melayu yang berpadu dengan nuansa India.

Proses menyiapkan Roti Maryam (atau Canai):

  1. Campurkan dalam wadah besar : tepung terigu, susu bubuk, garam. Aduk rata…
  2. Tambahkan telur, margarin cair.. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit…
  3. Uleni sampai kalis.. Bisa ditambah air jika dirasa terlalu keras…
  4. Setelah kalis, bagi menjadi 8 bagian.. Olesi seluruh permukaannya dengan minta goreng / margarin cair.. Diamkan 90-120 menit…
  5. Ambil 1 adonan, pipihkan sampai tipis maksimal.. Gulung sesuai selera…
  6. Lakukan sampai seluruh adonan selesai, diamkan kembali 30 menit…
  7. Ambil 1 adonan, pipihkan sesuai selera, panggang di atas teflon yang sudah diberi margarin.. Bolak balik sampai kematangan yg diinginkan…
  8. Beri topping sesuai selera.. Nikmat disantap selagi hangat…

Selain di Indonesia, roti ini bisa ditemukan di Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Roti Maryam adalah roti khas Timur Tengah yang bisa disimpan lama dalam kulkas sehingga bisa digoreng dengan sedikit mentega. Biasa dimakan dengan madu atau kari atau susu kental manis. Walaupun sekarang karena pengaruh kuliner barat ada yang. Untuk membuka usaha roti Maryam di Indonesia, sepertinya Anda harus pintar-pintar mencari lokasi untuk berdagang.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat roti maryam (atau canai). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *