Cara Gampang Memasak Cilok tumis kecap isi dadar yang Bikin Ngiler

  • 3 min read
  • May 26, 2021

Cilok tumis kecap isi dadar. Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia. Jadi keinget jaman SD, kalo dikampung halamanku di Salatiga ini namanya "pentol cilot" atau disingkat PC 🍡🍡🍡 • Ada salah satu abang-abang yg jualan PC kala itu, didalemnya ada isi telur dadarnya 🍳🍳🍳 • Iseng-iseng bikin ternyata rasanya mirip, jd serasa kembali ke. Cemilan kesukaan mas bojo yang kalo pulang mudik, wajib hukumnya kudu bikin ini sama temen temen waktu kecilnya, makanya emak bela belain bikin ini biar mas bojo ga kangen kangen banget ama rumah.

Cilok Isi Gabus pun siap dihidangkan bersama sambal kacang atau saus tomat. Paling enak dinikmati bersama keluarga saat liburan di rumah. Atau, kamu juga bisa menggunakan perpaduan antara sosis dan keju untuk bahan isian cilok kamu.

Anda sedang mencari ide resep cilok tumis kecap isi dadar yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok tumis kecap isi dadar yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok tumis kecap isi dadar, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cilok tumis kecap isi dadar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia. Jadi keinget jaman SD, kalo dikampung halamanku di Salatiga ini namanya "pentol cilot" atau disingkat PC 🍡🍡🍡 • Ada salah satu abang-abang yg jualan PC kala itu, didalemnya ada isi telur dadarnya 🍳🍳🍳 • Iseng-iseng bikin ternyata rasanya mirip, jd serasa kembali ke. Cemilan kesukaan mas bojo yang kalo pulang mudik, wajib hukumnya kudu bikin ini sama temen temen waktu kecilnya, makanya emak bela belain bikin ini biar mas bojo ga kangen kangen banget ama rumah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cilok tumis kecap isi dadar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cilok tumis kecap isi dadar menggunakan 6 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cilok tumis kecap isi dadar:

  1. Gunakan Bahan cilok*.
  2. Ambil 250 gr tepung tapioka/kanji.
  3. Sediakan 5 sdm munjung tepung terigu.
  4. Siapkan 1 sdm peres garam.
  5. Siapkan Secukupnya Penyedap rasa.
  6. Ambil 300 ml air.

Berikut adalah cara membuat cilok isi sosis dan keju dilansir dari cookpad yang nggak kalah enak. Ketika pingin makan cilok tp mager bangettt. Akhirnya buat sendiri aja dirumah, trus anak&suami suka, seneng bgt kan. Masukkan adonan cilok yang sudah dibentuk lalu masak sampai mengapung.

Cara membuat Cilok tumis kecap isi dadar:

  1. Campur tepung dan garam aduk rata,sisihkan.
  2. Rebus air sampai mendidih,lalu angkat dan tuang ke dalam tepung..
  3. Uleni sampai rata,jika masih keras bisa di tambahkan air panas lagi..
  4. Bulatkan adonan dan isi tengahnya dg telur dadar.rebus sampai terapung dan matang.
  5. Bumbu tumis kecap: 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih,cabe rawit,daun bawang,kecap asin,kecap manis,saos cabe,gula pasir,garam,masako..
  6. Cincang bawang,potong kecil cabe rawit dan daun bawang,tumis sampai harum..
  7. Masukkan cilok dan tambahkan air secukupnya.Masukkan kecap manis,kecap asin,saos cabe,garam,gula pasir,masako. Masak sampai bumbu meresap (jangan terlalu kering).

Angkat dan sajikan dengan saus tomat, sambal kacang, atau kecap. Resep cilok ayam yang diblender ala rumahan ini juga bisa disajikan dalam bentuk bakar. Tinggal tambah kecap dan panggang saja di atas teflon Masukan campuran tumis telur dan sosis pada adonan cilok sebagai isi. Tambah irisan cabe rawit sesuai selera. Bentuk bulat bulat dan ulangi kembali.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok tumis kecap isi dadar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!