Resep: Ayam Bumbu Rujak ala Bali (No Kemiri) Anti Gagal

  • 2 min read
  • Jun 03, 2021

Coba resep ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri) sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Perkaya koleksi resepmu dengan ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri)! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Kebanyakan orang sudah minder duluan ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri)! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Bumbu bali tak hanya enak untuk memasak telur dan bandeng, namun juga umum untuk ayam. Ciri khas utamanya adalah warna merah yang diperoleh dari cabe merah yang dihaluskan. Dengan kuah yang kental, aroma yang kuat, bumbu Bali memang suka bikin ketagihan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri) hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri)!

Untuk menyiapkan Ayam Bumbu Rujak ala Bali (No Kemiri), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 5 bh of paha ayam.
  2. Siapkan 1 of jeruk nipis/lemon.
  3. Siapkan of 🌶Bumbu Halus🌶.
  4. Gunakan 5 bh of bawang putih.
  5. Diperlukan 3 bh of bawang merah.
  6. Ambil 2 bh of cabe merah besar, buang isi.
  7. Diperlukan 4 bh of cabe keriting, buang beberapa isi.
  8. Diperlukan 1 bh of tomat, buang isi.
  9. Diperlukan of ☘Bumbu Tambahan☘.
  10. Gunakan 2 bh of serai kecil.
  11. Ambil 3 lbr of daun jeruk.
  12. Ambil secukupnya of Gula, garam.
  13. Sediakan secukupnya of Kecap manis (buat warna merah jadi agak merah tua).
  14. Gunakan secukupnya of Minyak (untk numis).
  15. Dibutuhkan secukupnya of Air.

Cara Membuat Ayam Bumbu Rujak Original. Haluskan bumbu rujak sesuai dengan bahan yang sudah tertera, yaitu cabai merah, cabai rawit Sisakan sedikit bumbu rujak untuk dijadikan topping nantinya. Masak ayam dengan santan menggunakan api kecil sembari dibolak-balik agar tidak gosong. Sebelum membahas bumbu rujak, cara pertama, ayam langsung digoreng saja.

Cara memasak Ayam Bumbu Rujak ala Bali (No Kemiri):

  1. Bersihkan ayam, buang lemak/gajih (tidak terlalu suka banyak gajih), cuci bersih. Beri perasan air jeruk nipis/lemon dan sedikit garam, aduk rata. Diamkan kurleb 5-10 menit. (Jika ayam mau dimasak esok hari, setelah diberi perasan air jeruk, masukkan ke tmpt tertutup rapat, simpan dalam freezer).
  2. Siapkan bumbu halus. Bisa diuleg atau blender..
  3. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus aduk rata. Lalu tambahkan daun jeruk dan serai ke dalamnya..
  4. Masukkan paha ayam, aduk rata lalu tambahkan air. Aduk rata lagi sambil beri gula, garam, dan kecap. Tes rasa. lalu biarkan sampai daging ayam matang dan bumbu sedikit mengering..
  5. Siap dihidangkan dg nasi hangat :D.

Cara Membuat Ayam Bumbu Rujak Jawa Timur: Haluskan bumbu rujak sesuai yang tertera, mulai dari cabai keriting, cabai rawit, terasi udang, kemiri, asam, dan garam. Bumbu-bumbu ini meresap ke dalam daging ayam sehingga rasanya nikmat. Kamu harus coba menghidangkannya untuk variasi menu buka puasamu. Ayam bumbu rujak terkenal di daerah Jawa Timur. Masakan legendaris ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, serai dan.

Mudah bukan membuat ayam bumbu rujak ala bali (no kemiri)? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.