Cara Cepat Memasak Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet' yang Bikin Ngiler

  • 3 min read
  • Jul 16, 2021

Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet'. Resep Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet'. Lihat juga resep Pepes ayam (menu diet) enak lainnya. Hii bunda, kali ini rumah emak akan share resep pepes ayam kemangi.

Buat yang sedang diet dengan menghindari makanan berminyak, ya resep pepes ayam memang pas banget. Ayam yang empuk ditambah dengan daun kemangi, hmmmm, dijamin kamu yang nggak nafsu makan pasti bakalan langsung nambah kalau sudah ada Pepes Ayam Daun Kemangi di meja makan. Pepes ayam ini sungguh populer bagi masyarakat Sunda Jawa Barat dan daerah Jawa Tengah. aroma wangi lezat dari daun pisang yang dikukus menciptakan aroma khas dari sebuah masakan pepes. ditambah lagi daun kemangi yang disertakan ke dalam pepes ayam menambah ciri khas aroma wangi sedap ketika kita membuka pepes ayam hangat ketika usai dikukus. ehhhm, mantap!! pepes ayam daun kemangi ini paling.

Anda sedang mencari inspirasi resep pepes ayam kemangi 'gagal diet' yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pepes ayam kemangi 'gagal diet' yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet'. Lihat juga resep Pepes ayam (menu diet) enak lainnya. Hii bunda, kali ini rumah emak akan share resep pepes ayam kemangi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pepes ayam kemangi 'gagal diet', mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pepes ayam kemangi 'gagal diet' enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pepes ayam kemangi 'gagal diet' sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet' memakai 17 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet':

  1. Gunakan 4 potong dada Ayam, potong dadu.
  2. Siapkan 1 buah tomat ukuran besar.
  3. Ambil 1 ikat daun kemangi, Siangi.
  4. Ambil 2 buah cabe merah, slice.
  5. Sediakan 6 buah cabe rawit.
  6. Siapkan 1/2 SDT Gula pasir.
  7. Gunakan 1 helai serai, slice tipis2.
  8. Ambil 2 helai Daun Salam.
  9. Gunakan 3 SDM Minyak utk menumis.
  10. Ambil 1/2 SDT kaldu bubuk.
  11. Sediakan secukupnya Garam/merica.
  12. Ambil Daun pisang.
  13. Siapkan bumbu yang dihaluskan :.
  14. Ambil 4 siung BM.
  15. Sediakan 2 siung BP.
  16. Ambil 1 ruas jahe.
  17. Gunakan 1 ruas jari kunyit, bakar terlebih dahulu.

Pepes Ayam Kemangi Asli Sunda – Ada yang gak doyan sama masakan pepes ? Masak sih beneran gak suka sama pepes ? Atau bunda belum tau yah apa itu pepes ? Pepes merupakan masakan khas Jawa Barat dimana kita akan menggunakan daun pisang untuk membungkus ikan dan bumbu – bumbunya.

Cara membuat Pepes Ayam Kemangi 'Gagal Diet':

  1. Panaskan wajan lalu tuangi minyak sebanyak 3 SDM. setelah minyak panas, tumis bumbu yg sudah dihaluskan beserta daun salam dan irisan serai sampai harum..
  2. Tambahkan 1 gelas kecil air putih, beri Garam, merica, kaldu bubuk dan gula pasir..
  3. Masukkan potongan ayam yg telah dicuci bersih kedalam wajan yg berisi bumbu. Tunggu sampai air bumbu'y meresap kedalam ayam..
  4. Setelah air'y mulai kering, matikan api kemudian tiriskan ayam'y..
  5. Sambil menunggu ayam tidak terlalu panas, siapkan daun pisang utk membungkus ayam. Letakkan daun kemangi diatas daun pisang yg telah dibersihkan..
  6. Kemudian letakkan ayam diatas'y lalu beri tomat, potongan cabe rawit dan cabe merah..
  7. Setelah itu, lipat daun pisang yg berisi ayam berbentuk suka2 dan sematkan tusuk gigi agar tertutup ayam'y..
  8. Nyalakan api, lalu panaskan teflon diatas'y, beri sedikit minyak kemudian letakkan ayam yg telah dibungkus daun pisang tersebut kedalam teflon. Tunggu sampai warna daun pisang mulai hitam kecoklatan sambil dibolak balik agar tidak terlalu gosong..
  9. Angkat dan sajikan. 😊.

Nah, jika Anda termasuk yang suka pepes ayam, silahkan coba beberapa resep pepes ayam enak berikut ini. Cara membuat pepes ayam pada umumnya memiliki langkah langkah yang sama, sehingga jika sekali memasak Anda sudah berhasil, maka tidak akan kesulitan untuk mencoba dengan bumbu pepes yang berbeda nantinya. Agar olahan tahu yang kamu cocok buat diet, pepes tahu bisa jadi pilihan yang tepat. Pepes adalah teknik memasak dengan cara mengukus makanan yang dibungkus pakai daun pisang. Ada aneka jenis pepes di Indonesia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pepes ayam kemangi 'gagal diet' yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *