Resep: Cincau Hijau yang Lezat

  • 2 min read
  • Jan 24, 2021

Cincau Hijau. It is also known as camcao, juju, janggelan or kepleng in Java, camcauh in Sunda, and daluman in Bali. Black jelly (cincau hitam) is manufactured as an instant powder, like other instant jellies or agar. This form is easier to use.

Setidaknya ada lima yang biasa dipakai di Indonesia. Nah, kebetulan di kebun belakang adanya cincau perdu. Ini cara mengolahnya menjadi cincau hijau.

Lagi mencari inspirasi resep cincau hijau yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cincau hijau yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

It is also known as camcao, juju, janggelan or kepleng in Java, camcauh in Sunda, and daluman in Bali. Black jelly (cincau hitam) is manufactured as an instant powder, like other instant jellies or agar. This form is easier to use.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cincau hijau, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cincau hijau yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cincau hijau yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cincau Hijau menggunakan 2 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cincau Hijau:

  1. Gunakan 40 lembar daun cincau perdu tua (kurang lebih).
  2. Siapkan 750 ml air matang.

Tapi cincau hijau ini nggak tahan lama, ya. Dalam setiap kreasi minuman yang kami racik terdapat warisan kesegaran khas dan otentik Cincau Station yang selalu kami sajikan baru setiap harinya. Cincau hijau, adalah tanaman ajaib menurutku teman-teman. Karena hanya dari daun saja tanpa di olah, bisa berubah jadi seperti jelly yang kental.

Langkah-langkah menyiapkan Cincau Hijau:

  1. Cuci bersih daun cincau perdu. Untuk mengurangi rasa langu, salah satu tipsnya adalah dengan menjemur daun cincau hingga daun menjadi agak layu/tidak sekaku ketika daun baru dipetik..
  2. Pisahkan tulang daun. Tujuannya adalah untuk mempermudah saat meremas cincau..
  3. Tambahkan air. Cttn : lebih baik jika banyaknya air lebih sedikit dari takaran, daripada berlebih. Jika berlebih, cincau yang dihasilkan akan kurang padat..
  4. Remas-remas daun. Lama peremasan kurang lebih sekitar 5 menit. Semakin lama daun akan semakin layu, dan air mulai mengental dan berbusa..
  5. Saring dan tampung air perasannya..
  6. Karena tidak mau rugi, ampas daun yang masih terasa berlendir biasanya saya tambahkan sedikit air lagi. Dan kembali diremas selama kurang lebih 5 menit, lalu disaring..
  7. Diamkan air perasan daun cincau ini selama minimal 1 jam atau hingga cincau mulai memadat seperti jelly/agar-agar..
  8. Cincau hijau siap dinikmati. Dapat ditambahkan gula merah dan atau santan karena cincau jenis ini rasanya lebih langu dibanding cincau jenis lain. Cttn : tekstur cincau yang dihasilkan dari perasan kedua tidak sepadat cincau perasan pertama. Teksturnya kurang lebih akan seperti puding sedot..

Yang kita lakukan hanya meremas-remas gel yang ada di dalam daunnya. Dan langsung bisa di nikmati, tanpa perlu di masak. Langsung bisa kita minum dengan gula merah dan santan atau dengan sirup. Resep CINCAU HIJAU. baru pertama bikin cincau hijau ini, daunnya minta temanku yang kebetulan punya tanamannya yang tumbuh subur, gampang kok bikinnya, yuk bikin.trs langsung bs dieksekusi jadi es cincau, seger deeh. Cincau hijau mempunyai daun dengan bentuk hati dan berwarna hijau tua.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cincau hijau yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *