Aneka Resep: Kari Ayam diet tanpa santan atau susu Anti Gagal

  • 3 min read
  • Jul 12, 2021

Kari Ayam diet tanpa santan atau susu. Akhirnya coba-coba bikin kari ayam tanpa minyak, santan ataupun susu. Ternyata rasanya cukup mengobati kerinduan masakan padang 😊 Susilowati. Banyak orang menghindari makanan yang mengandung santan seperti kari karena dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang nantinya membuat seseorang lebih berisiko terhadap penyakit jantung.

Ada secret ingredient dalam masakan kari ayam mak mertua saya ni. Kalau nak tau boleh tengok resepi kat bawah. Resepi kari tanpa santan ni macam kari mamak la tapi versi mak mertua saya ni lagi sedap.

Sedang mencari inspirasi resep kari ayam diet tanpa santan atau susu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kari ayam diet tanpa santan atau susu yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kari ayam diet tanpa santan atau susu, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kari ayam diet tanpa santan atau susu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Akhirnya coba-coba bikin kari ayam tanpa minyak, santan ataupun susu. Ternyata rasanya cukup mengobati kerinduan masakan padang 😊 Susilowati. Banyak orang menghindari makanan yang mengandung santan seperti kari karena dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang nantinya membuat seseorang lebih berisiko terhadap penyakit jantung.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kari ayam diet tanpa santan atau susu sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kari Ayam diet tanpa santan atau susu memakai 12 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Kari Ayam diet tanpa santan atau susu:

  1. Sediakan 1 sachet bumbu kari instan, saya pilih yang tidak menggunakan MSG kari instan dari thailand.
  2. Ambil 1 potong dada ayam di potong dadu.
  3. Gunakan 1 buah zucchini dipotong potong.
  4. Gunakan 7 batang kacang panjang dipotong memanjang.
  5. Sediakan 1 buah bawang bombay kecil diiris halus lalu ditumbuk atau dimasukan food processor.
  6. Siapkan 1 siung bawang putih dihaluskan.
  7. Siapkan 2 siung bawang merah dihaluskan.
  8. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  9. Ambil 1 lembar daun salam.
  10. Sediakan 1 batang sereh memarkan ujungnya.
  11. Sediakan 1 buah cabai hijau/merah.
  12. Siapkan 1 sdt bubuk kunyit (optional).

Sebab dia tak rasa terlalu masam macam kari mamak. Maka gigih lah mama ni dok belajar masak sampai mahir. Apa yang penting masakan kari saya sekarang ni pekat walaupun tidak menggunakan santan, selalu sangat gunakan santan dalam masakan kita, tak baik juga untuk kesihatan. Ramai juga yang minta pada saya resepi kari ayam tanpa santan ni, so di sini saya kongsikan bahan-bahan yang diperlukan dan cara-cara masak kari ayam tanpa santan paling.

Cara menyiapkan Kari Ayam diet tanpa santan atau susu:

  1. Panaskan satu cangkir air di wajan bersama bumbu halus (bombay,bawang merah,bawang putih) sampai tercium aroma wangi. Karena ditumis dengan air aromanya tidak akan sekuat bila ditumis dengan minyak. Setelah itu masukan cabe, daun salam, daun jeruk dan sereh.
  2. Masukan potongan ayam, biarkan mendidih bila air sudah meresap tambahkan lagi secangkir air.
  3. Masukan bumbu kari instan, kecilkan api. Tunggu sampai bumbu meresap ke daging ayam. Bila dirasa kari kurang menguning warnanya boleh ditambahkan bubuk kunyit.
  4. Masukan zucchini dan kacang panjang tunggu sampai empuk. Masak terus dengan api kecil sampai semua bumbu meresap. Saya tidak menambahkan garam soalnya bumbu instan yang saya gunakan sudah cukup asin..
  5. Bila semua sayur sudah matang silahkan dicoba kuahnya, kadang ada yang suka menambahkan gula sedikit sebagai penyeimbang rasa. Kari ayam siap disantap tanpa ada rasa bersalah memakannya😜.

Kalau tak ada santan atau susu cair, kita masih tetap boleh kari. Kari tak semestinya menggunakan santan atau susu cair pun sebenarnya. Korang masih tetap boleh buat kari yang sedap dengan mengikut resipi ini. diracik […] Cara membuat kari ayam India tanpa santan : Tumis bumbu cabe, bawang tomat hingga jintan, lalu tumis sampai wangi. Jika sudah, anda dapat menambahkan cengkeh, kayu manis, bunga lawang, kapulaga, larutan ketumbar dan cabe kering.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kari ayam diet tanpa santan atau susu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *