Resep: Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman), Sempurna

  • 3 min read
  • May 10, 2021

Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman). Resep Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman). setelah sekian lama memendam keinginan buat bikin ini ๐Ÿ˜† ehhh ditawarin daun cincau ma temen๐Ÿ˜ maunya sih mintak dikit aja ehh dikasiknya banyak binggo yaudah lah๐Ÿ˜†Cincau nya aku ini beda santan nya pake kelapa yang dibakar(di Bali disebut nyuh. Coba ikin es daluman santan ini. Dengan cincau hijau, es daluman ini benar-benar menyegarkan.

Cuci daun daluman,lalu rendam pakai air matang sampai daun terendam. Resep Es Daluman Segar Khas Bali. Es daluman adalah salah satu minuman tradisional khas bali yang berupa cincau hijau yang diberi kuah santan dan gula aren sehingga rasanya manis dan sangat segar.

Sedang mencari ide resep es cincau hijau kuah santan bakar (es daluman) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal es cincau hijau kuah santan bakar (es daluman) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman). setelah sekian lama memendam keinginan buat bikin ini ๐Ÿ˜† ehhh ditawarin daun cincau ma temen๐Ÿ˜ maunya sih mintak dikit aja ehh dikasiknya banyak binggo yaudah lah๐Ÿ˜†Cincau nya aku ini beda santan nya pake kelapa yang dibakar(di Bali disebut nyuh. Coba ikin es daluman santan ini. Dengan cincau hijau, es daluman ini benar-benar menyegarkan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari es cincau hijau kuah santan bakar (es daluman), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan es cincau hijau kuah santan bakar (es daluman) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah es cincau hijau kuah santan bakar (es daluman) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman) menggunakan 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman):

  1. Gunakan 1 kilo daun cincau hijau.
  2. Ambil 1 buah kelapa bakar (parut peras santannya).
  3. Gunakan 1 gelas belimbing gula pasir (kasi air secukupnya,rebus sampai gula larut).
  4. Gunakan 1 sdt garam.
  5. Ambil 2 liter air matang.
  6. Gunakan Secukupnya Es Batu.

Namun, es daluman ini berbeda dengan es cincau yaitu perbedaannya terdapat pada santannya. Cara Membuat Es Daluman Khas Bali. Untuk proses pembuatan es daluman, bahan utama yang diperlukan tentunya adalah daluman atau cincau. Anda dapat membeli cincau hijau secara langsung di pasar tradisional.

Langkah-langkah membuat Es Cincau Hijau Kuah Santan Bakar (Es Daluman):

  1. Cuci daun cincau..sampai bersih..tiriskan..Gini rupa daun cincau ku ๐Ÿ˜† Benar" baru dipetikk…Fresshh.
  2. Robek,remas,kucek dan tambahkan air matang sedikit demi sedikit (jangan langsung semuanya) sampai hancur dan gel nya keluar semua.. Ini harus tenaga exstra yaa (btw ini tangan nya mamah)๐Ÿ’ช๐Ÿ˜† Jika air sudah mulai berat dan gel terbentuk..segera saring agar tidak menggumpal.. Diamkan 3 -4 jam..di suhu ruang.
  3. Sambil menunggu cincau mengeras..parut kelapa tambahkan air matang peras santannya (santannya gaperlu direbus lagi) tambahkan garam..buat juga karamelnya…
  4. Jika cincau sudah mengeras sajikan dengan santan,karamel gula,dan es batu.. Syegerrrrr…
  5. Wangi santannya Gurihh.. Gula nya Maniss.. Uenakkkk bangett….. Mari mari…dicoba๐Ÿ˜†๐Ÿ˜‹.

Selanjutnya, cincau hijau tersebut dibersihkan dan potong dalam ukuran yang kecil, lalu sisihkan. Es cincau khas bali yang unik menggunakan kelapa bakar. Tuang santan ke dalam mangkuk dan sirup gula merah. RESEP MINUMAN ES DALUMAN KHAS BALI. Daluman adalah Minuman Tradisional Bali sejenis Cincau Hijau yang memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan es cincau hijau kuah santan bakar (es daluman) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *