Langkah Mudah Memasak Pindang kepala ikan gabus, Enak Banget

  • 3 min read
  • Feb 03, 2021

Pindang kepala ikan gabus. Biasanya klo bikin pindang serani tuh pake ikan laut ya, ini coba pakai ikan air tawar. Dan cocok banget ya ternyata kepala ikan kuthuk/gabus ini dipindang, ada aroma dan rasa yg lain, dan ternyata kepala ikan kuthuk ini berdaging saya kaget tadi. Pindang kepala ikan gabus Pindangnya nendang bingit apa lagi kalo berpasangan dengan lalapan kemangi dan jengkol muda hehehe.

Resep Pindang Kepala Iwak Haruan (Ikan Gabus) – Resep yang satu ini adalah resep khas Samarinda. Bagi Anda orang Samarinda yang tinggal jauh dari rumah dan rindu dengan kampung halaman, bisa mencoba memasak pindang kepala iwak haruan ini. Cari produk Lauk Pauk lainnya di Tokopedia.

Lagi mencari ide resep pindang kepala ikan gabus yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang kepala ikan gabus yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya klo bikin pindang serani tuh pake ikan laut ya, ini coba pakai ikan air tawar. Dan cocok banget ya ternyata kepala ikan kuthuk/gabus ini dipindang, ada aroma dan rasa yg lain, dan ternyata kepala ikan kuthuk ini berdaging saya kaget tadi. Pindang kepala ikan gabus Pindangnya nendang bingit apa lagi kalo berpasangan dengan lalapan kemangi dan jengkol muda hehehe.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang kepala ikan gabus, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pindang kepala ikan gabus yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pindang kepala ikan gabus yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pindang kepala ikan gabus memakai 15 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pindang kepala ikan gabus:

  1. Sediakan 4 buah kepala ikan gabus, bagi 2.
  2. Siapkan 8 siung bawang merah.
  3. Gunakan 1 siung bawanh putih.
  4. Siapkan 1 cm kunyit.
  5. Sediakan 6 buah cabe merah keriting.
  6. Sediakan 3 cm lengkuas.
  7. Ambil 2 lembar daun salam.
  8. Sediakan 1 batang sereh.
  9. Siapkan 1 l air.
  10. Sediakan 1 buah nanas ukuran kecil.
  11. Ambil 10 buah cabe rawit.
  12. Ambil Secukupnya garam.
  13. Ambil Secukupnya gula.
  14. Gunakan Secukupnya daun kemangi.
  15. Sediakan 1 buah tomat kecil yang belum terlalu merah.

Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Karena pindang ikan gabus bermanfaat baik bagi tubuh yakni menyehatkan. Satu lagi nih menu kampung halaman yaitu pindang ikan gabus. Rupanya potongan Ikan Gabus yang menjadi bahan utama Pindang Gabus sudah dipotong-potong terlebih dahulu menjadi tiga bagian yakni kepala, badan, dan buntut, dan juga sudah direbus.

Cara membuat Pindang kepala ikan gabus:

  1. Cuci bersih kepala gabus, beri jeruk nipis. Diamkan 10 menit lalu cuci bersih..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit. Tumis hingga harum. Lalu tambahkan irisan cabe merah keriting, lengkuas, daun salam, dan sereh..
  3. Beri air, garam dan gula, didihkan. Koreksi rasa..
  4. Masukkan kepala ikan gabus, masak sekitar 4 menit tambahkan nanas, masak kembali hingga kepala ikan matang. Lalu masukkan tomat dan cabe rawit. Matikan api..
  5. Sajikan hangat dan beri tambahan daun kemangi..

Resep: Pindang Ikan Gabus Legit. in Seafood. Setiap ikan yang akan kita sajikan, selalu ikan yang segar yang kita beli dalam keadaan masih hidup, sehingga terjamin kesegaran ikan yang kami sajikan," Jelasnya. Margaret, biasa ia disapa, mengatakan Pindang ikan gabus menjadi menu best seller di rumah demang, pindang gabus memiliki kuah kental berwarna kuning kemerahan. Gabus Andrao Ikan Gabus Channa Andrao. Ikan yang satu ini memiliki nama latin "Channa Andrao" memiliki ciri yang sangat unik dibandingkan dengan ikan gabus pada umumnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pindang kepala ikan gabus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *