Aneka Resep: Martabak bihun (kampung) yang Enak Banget

  • 4 min read
  • Jan 31, 2021

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep martabak bihun (kampung) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! martabak bihun (kampung) salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Pada umumnya orang malas mulai memasak martabak bihun (kampung) karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari martabak bihun (kampung)! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Nah, kalau di Madura, ada martabak kecil berisi bihun. Sekarang ini susah menemukan di mana penjualnya. Martabak bihun madura spesial sambal petis super enak.

Sobat dapat membuat martabak bihun (kampung) hanya dengan menggunakan 44 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin martabak bihun (kampung) yuk!

Untuk menyiapkan Martabak bihun (kampung), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Bahan untuk kulit martabak.
  2. Dibutuhkan of tepung terigu segitiga biru.
  3. Dibutuhkan of air.
  4. Dibutuhkan of garam.
  5. Sediakan of minyak.
  6. Gunakan of Bahan untuk bihun (dihaluskan “ sya di ulek “).
  7. Ambil of Bihun jagung merk bunda 350 gram (satu kotak bihun isi 4 lembar nah sya pakai 3 lembar saja).
  8. Sediakan of bawang putih (diulek).
  9. Gunakan of Bawang merah(diulek).
  10. Siapkan of Cabe keriting merah(diulek).
  11. Gunakan of Cabe setan(diulek).
  12. Sediakan of garam (ikut diulek ya).
  13. Sediakan of Tambahan untuk campuran bihun.
  14. Sediakan of Wortel.
  15. Sediakan of kubis.
  16. Siapkan of Daun bawang preii rajang agak besar.
  17. Ambil of merica bubuk.
  18. Sediakan of garam.
  19. Gunakan of Bahan untuk bumbu usus.
  20. Diperlukan of Usus ayam.
  21. Ambil of tetelan.
  22. Siapkan of Bawang merah (diulek).
  23. Sediakan of Bawang putih (diulek).
  24. Diperlukan of Cabe keriting (diulek).
  25. Sediakan of Cabe rawit setan (diulek).
  26. Siapkan of Daun salam (ini untuk tumisan bumbu halus “ tidak ikut diulek ya”).
  27. Gunakan of daun jeruk (ini untuk tumisan bumbu halus “ tidak ikut diulek ya “).
  28. Dibutuhkan of Sereh (digeprak).
  29. Sediakan of Ketumbar(diulek).
  30. Ambil of saos tiram.
  31. Ambil of kecap.
  32. Ambil of saos teriyaki.
  33. Sediakan of air.
  34. Dibutuhkan of Tambahan untuk merebus usus sebelum di tumis dengan bumbu halus lebih baik di rebus dl ya (krn biar tidak terlalu bau).
  35. Siapkan of daun salam.
  36. Ambil of daun jeruk.
  37. Ambil of jahe (digeprak).
  38. Sediakan of sereh (digeprak).
  39. Siapkan of Air secukupnya (untuk merebus usus).
  40. Gunakan of Bahan tambahan martabak.
  41. Siapkan of daun prei dirajang.
  42. Diperlukan of cabe rawit setan dirajang.
  43. Ambil of Telur ayam (dikocok).
  44. Sediakan of Petis udang.

Hallo Sobat DAPUR SEDERHANA, kali ini kita akan sharing bagaimana caranya membuat Jajanan Khas Jawa Timur yaitu Martabak Bihun atau bisa disebut Martabak. Resep Martabak Telur – Siapa yang tidak menyukai martabak? Martabak sendiri adalah salah satu makanan atau cemilan, yang seringkali dijadikan sebagai camilan dan memiliki rasa yang nikmat. Resep martabak telur – Siapa sih di antara kita yang tidak suka dengan martabak?

Cara membuat Martabak bihun (kampung):

  1. Siapkan tepung terigu tambahkan garam yg udh dilarutkan dgn air, lalu buat adonan sampai kalis.. klo bsa dibanting2 ya hehe trs klo udh biarkan dl jgn lgsg dibuat ya kira2 1-2 jam.. biar agak molor kulitnya.. lalu kasih minyak ya biar gk lengket….
  2. Selagi nunggu kulit martabaknya jd dgn sempurna, ulek semua bumbu halus kecuali sereh,daun salam dan daun jeruk ya untuk bumbu usus dan tetelan nya.. (ini usus yg digambar udh sya rebus ya klo tetelan ny gk perlu direbus).
  3. Kemudian haluskan juga untuk bumbu bihun nya, ulek sampai semua halus.. lalu iris2 tipis wortel dn kubis nya…
  4. Cara merebus usus sblm di tumis cukup masukkan ke dlm pancii tambahkan air,daun salam,jahe, daun jeruk dan sereh (supaya agak ngilangin bau nya).
  5. Setelah semua bahan bumbu siap tinggal tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan tetelan dl biar berubah warna baru masukkan usus yg sdh direbus td. tambahkan secukupnya air,garam,gula,kecap,merica,saos tiram,saos teriyaki.. masak sampai semuanya matang dengan sempurna.
  6. Siapkan bihun yg sdh di rendam air panas trs sisihkan. Lalu tumis bumbu halus untuk bihun, tumis hingga wangii kemudian masukkan wortel,kubis dan daun bawang sedikit.. masak sebentar (biar nnti wortelnya gk keras) kemudian masukkan bihun, garam,gula dan merica secukupnya aduk2 hingga semua merata dn matang..
  7. Setelah semua siap dan semua matang. Ambil piring lalu oleskan sedikit minyak ambil adonan kulit lalu ratakan kemudian isi dengan semua bahan kemudian tutup adonan (terserah mau bentuk kotak atau segitiga). Seperti gambar itu yaa, dan ini sya bisa jadii 28 martabak bihun hehe..
  8. Langkah terakhir panaskan sedikit minyak saja (jgn bnyk minyak ya krn nnti malah masuk di martabaknya dn rasa minyak wkwk) dn ini tips cara menggoreng martabak lho hehe.. setelah panas masukkan martabak lalu goreng sampai berwarna agak coklat (gak perlu terlalu lama krn didlm isinya sdh matang krn tadi sdh dimasak dl. Paling cmn matangkan telur dan kulitnya). Seperti gambar itu sdh matang siap dimkn dn dicocol petis.. simple kok cmn emg persiapan nya bnyk hehe tp beneran ini gampang 👩🏻‍🍳.

Martabak ini kerap dijadikan sebagai makanan berat untuk camilan yang punya rasa cukup lezat. Ini martabak kampung buatan kami di rumah beberapa waktu yang lalu, buat camilan sore-sore sambil nonton TV. Bahan * Bihun goreng yang sudah matang/dimasak (saya bihunnya di campur wortel). Resep bihun goreng yang beragam. dengan bumbu lengkapnya, cocok untuk variasi hidangan sederhana sampai istimewa. Masih sebagai cemilan, bihun bisa pula jadi isian martabak minimu.

Selamat mencoba resep martabak bihun (kampung)! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *