Resep: Pindang Ikan Gabus, Enak Banget

  • 2 min read
  • Jun 08, 2021

Pindang Ikan Gabus. PINDANG IKAN GABUS DAN MUDA LAOS enak lainnya. Keluarga ku klo soal masakan paling suka yg berkuah, apalagi menu yang satu ini. Dulu biasa aku beli di restoran Palembang dan sekali makan cukup menguras kantong.

Karena pindang ikan gabus bermanfaat baik bagi tubuh yakni menyehatkan. Ikan Gabus (channa striata) banyak ditemukan di perairan tawar ataupun sungai. Ikan ini banyak mengandung protein dan vitamin A.

Lagi mencari ide resep pindang ikan gabus yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ikan gabus yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

PINDANG IKAN GABUS DAN MUDA LAOS enak lainnya. Keluarga ku klo soal masakan paling suka yg berkuah, apalagi menu yang satu ini. Dulu biasa aku beli di restoran Palembang dan sekali makan cukup menguras kantong.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang ikan gabus, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pindang ikan gabus yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pindang ikan gabus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pindang Ikan Gabus menggunakan 15 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pindang Ikan Gabus:

  1. Siapkan 500 gram ikan gabus.
  2. Sediakan 4 lembar daun salam.
  3. Gunakan 6 lembar daun jeruk.
  4. Sediakan 2 batang sereh, geprek.
  5. Sediakan 1 ruas lengkuas, geprek.
  6. Siapkan Daun kemangi.
  7. Gunakan Nenas dipotong kecil.
  8. Ambil 1 buah tomat dipotong kecil.
  9. Sediakan 400 ml air masak.
  10. Gunakan Bumbu halus:.
  11. Siapkan 10 buah bawang merah.
  12. Ambil 7 buah bawang putih.
  13. Gunakan 3 buah cabe merah.
  14. Sediakan 1 ruas jahe (1 sdm jahe halus).
  15. Gunakan 1 ruas kunyit (1 sdm kunyit halus).

Resep Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang. Sup ikan khas Palembang yang rasanya segar, ringan enak banget dimakan sama sambal nanas. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada.

Langkah-langkah membuat Pindang Ikan Gabus:

  1. Cuci ikan sampai bersih dan lumuri dengan jeruk nipis, agar tidak amis..
  2. Rebus air dan masukkan ikan ke dalam air rebusan. Tambahkan sedikit garam agar ikan terasa asin dan tidak amis. Ikan direbus sebentar, lalu tiriskan..
  3. Panaskan minyak untuk menumis bumbu..
  4. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, dan lengkuas hingga harum..
  5. Masukkan 400 ml air ke dalam bumbu. Tunggu mendidih..
  6. Setelah mendidih, masukkan ikan..
  7. Tambahkan garam, dan gula [Ingat ikan sudah terasa sedikit asin krn direbus bersama dengan garam]. Koreksi rasa..
  8. Setelah rasa pas, masukkan tomat dan nanas..
  9. Terakhir, masukkan daun kemangi dan kembali koreksi rasa. Tunggu hingga masakan matang sempurna..
  10. Sajikan..

Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu menjadi makanan wajib wisatawan saat berkunjung ke Bumi Sriwijaya. Biasanya klo bikin pindang serani tuh pake ikan laut ya, ini coba pakai ikan air tawar. Dan cocok banget ya ternyata kepala ikan kuthuk/gabus ini dipindang, ada aroma dan rasa yg lain, dan ternyata kepala ikan kuthuk ini berdaging saya kaget tadi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang ikan gabus yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *