Resep Cireng & Basreng Cobek, Menggugah Selera

  • 3 min read
  • Jun 18, 2021

Cireng & Basreng Cobek. Fried Tapioca Flour aka Cireng is snack from Bandung, Indonesia. Have you ever want something warm food that easy, simple, and of course delicious in this cold weather? Let us introduce Indonesian food from tapioca flour.

Ada pula yang menyajikan cireng dengan ditambah perasa makanan yang berbentuk bubuk-bubuk halus. Cireng merupakan jajanan khas Bandung yang banyak digemari orang seantero Nusantara. Cireng dibuat dari bahan dasar tepung kanji dan tepung tapioka.

Anda sedang mencari ide resep cireng & basreng cobek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng & basreng cobek yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Fried Tapioca Flour aka Cireng is snack from Bandung, Indonesia. Have you ever want something warm food that easy, simple, and of course delicious in this cold weather? Let us introduce Indonesian food from tapioca flour.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cireng & basreng cobek, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan cireng & basreng cobek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cireng & basreng cobek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng & Basreng Cobek memakai 9 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cireng & Basreng Cobek:

  1. Siapkan 100 gram tepung tapioka.
  2. Ambil 20 buah baso.
  3. Siapkan Penyedap rasa (royco).
  4. Ambil Gula putih.
  5. Sediakan 1 buah daun bawang.
  6. Sediakan 1 buah Kencur.
  7. Sediakan 1 buah jeruk limau.
  8. Ambil 5-10 buah Cabai rawit.
  9. Ambil 2-3 siung Bawang putih.

Kemudian dikaliskan dan dibentuk pipih lalu digoreng. Cireng paling enak disajikan saat masih hangat. Cireng disantap sambil dicocol bumbu kacang, saus sambal, bumbu rujak, atau bumbu lainnya. Cireng is a short name of Aci Goreng, which means Fried Aci (Kanji).

Cara membuat Cireng & Basreng Cobek:

  1. Btw aku bikin sendiri ya cirengnya hehe. 100 gram tepung tapioka, diberi irisan daun bawang dan royco lalu beri air panas sedikit2 sampe kalis ya mom, klo udh kalis bikin buletan2 kecil lalu kita bikin gepeng kaya gini hehe klo bahannya kalis gak akan saling tempel ko mom. Jangan lupa goreng sampe mateng, warnanya cantik kan mom klo udh digoreng hehe.
  2. Lalu si baso itu kita potong2, jangan lupa digoreng juga ya mom. Oh iya ini opsional ya mom, klo mau pake yg lain boleh kok, kaya otak2 dll.
  3. Klo udh semuanya digoreng, kita tinggal bikin buat sambelnya, cabe rawit, gula, royco, bawang putih kita rekuh ya mom. Ini aku gak terlalu pedes cuman pake cabe rawit 2 biji aja hehe. Klo udh direkuh semua kita tinggal masukin basreng sama cirengnya ya mom jangan luoa diaduk2 biar merata. Btw ini gak terlalu merah tapi ini lumayan pedes, klo mom pengen yg pedes bisa ko ditambah lagi cabenya sesuai selera, trakhir jangan lupa diberi perasan jeruk ya mom biar lebih seger 😊. Selamat mencoba.

Actually I'm still a little bit confused which one Aci (Kanji) is. Is it Tapioca or Sagoo starch. Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮛᮨᮀ) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Lihat juga resep Rujak Cireng ️ enak lainnya. Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') (Tulisan Sunda Baku : ᮎᮤᮛᮦᮀ ) adalah makanan ringan Sunda yang dibuat dengan menggoreng campuran adunan yang dibuat dari adunan atau tepung ubi kayu.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cireng & basreng cobek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *