Resep Buroncong – Pukis Makassar yang Enak Banget

  • 2 min read
  • Mar 23, 2021

Buroncong – Pukis Makassar. Sudah lama nyari-nyari resep buroncong di internet tapi selalu kecewa karena berakhir dengan rasa pukis. Terima kasih atas resep dari mbak Agung Novianti yang aku modifikasi sedikit. Akhirnya aku menemukan kembali cita rasa masa kecil.

Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan parutan kelapa muda, soda kue, gula dan juga santan. Jenis kue ini memiliki rasa yang gurih, bentuknya seperti busur atau setengah lingkaran, atau mirip dengan Kue Pukis. Bahan-bahan dari kue ini adalah tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa muda, dan penambah aroma rasa.

Lagi mencari inspirasi resep buroncong – pukis makassar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal buroncong – pukis makassar yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sudah lama nyari-nyari resep buroncong di internet tapi selalu kecewa karena berakhir dengan rasa pukis. Terima kasih atas resep dari mbak Agung Novianti yang aku modifikasi sedikit. Akhirnya aku menemukan kembali cita rasa masa kecil.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buroncong – pukis makassar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan buroncong – pukis makassar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan buroncong – pukis makassar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Buroncong – Pukis Makassar menggunakan 9 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Buroncong – Pukis Makassar:

  1. Gunakan 400 ml santan kara.
  2. Sediakan 140 gr tepung beras.
  3. Siapkan 1 sdm tepung maizena.
  4. Gunakan 1/4 sdt garam.
  5. Ambil 75 gr gula pasir.
  6. Siapkan 50 gr mentega cairkan.
  7. Gunakan 20 gr susu cair.
  8. Siapkan 1 butir telur ayam.
  9. Ambil 150 gr kelapa parut.

Ada yang memang menyebutnya kue baroncong, buroncong dan ada juga garoncong. Kue Baroncong ini dalam bahasa Indonesia disebut kue Pancong. Namun, di zaman modern seperti sekarang ini, banyak yang menjualnya menggunakan sepeda, ataupun sepeda motor. Bentuk buroncong cukup unik, mirip kue pukis.

Cara membuat Buroncong – Pukis Makassar:

  1. Campur tepung beras, tepung maizena, susu cair dan telur kemudian aduk..
  2. Masak santan hingga mendidih. Aduk santan supaya tidak pecah..
  3. Tuangkan santan ke dalam adonan tepung dan aduk kemudian masukkan gula aduk kembali sampai rata dan sampai tepung tidak menggumpal..
  4. Tambahkan garam, mentega cair lalu aduk rata kemudian masukkan kelapa parut lalu aduk kembali..
  5. Olesi cetakan pukis dengan mentega kemudian panaskan dengan api kecil..
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan pukis kemudian tutup dan masak hingga matang dengan api kecil. Untuk memeriksa apakah sudah masak atau belum, tusuk adonan dengan lidi, jika masih ada adonan yang menempel di lidi maka adonan belum matang.

Menyerupai setengah lingkaran tapi agak lonjong. Penganan ini bercita rasa manis dengan sensasi renyah, yang berasal dari kelapa parut. Kue Buroncong biasa juga disebut beroncong, garoncong, geroncong, atau kue ganco kalo di daerah lain mirip-mirip kue pancong atau kue pukis. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan dan parutan kelapa muda, gula pasir, garam serta penambahan soda kue. Bentuknya seperti busur mirip kue pukis namun dengan ukuran lebih besar, panjangnya sekitar tujuh sentimeter dengan tebal.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Buroncong – Pukis Makassar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *