Cara Praktis Memasak Bandros/Pancong Anti Gagal

  • 2 min read
  • Jul 26, 2021

Bandros/Pancong. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Intinya tetap sama, kue tradisional berbahan tepung ketan atau beras dan kelapa parut.

Kue ini dibilang bandros kalo dibandung,kalo dijakarta dibilang kue pancong dan daerah lain kue keroncong. Intinya bahan nya sama tepung beras & kelapa. Bandros juga dibandung nama alat transpotasi buat keliling kota bandung.

Sedang mencari ide resep bandros/pancong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bandros/pancong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bandros/pancong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bandros/pancong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Intinya tetap sama, kue tradisional berbahan tepung ketan atau beras dan kelapa parut.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bandros/pancong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bandros/Pancong menggunakan 6 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bandros/Pancong:

  1. Sediakan 450 ml santan.
  2. Sediakan 140 gr tepung beras.
  3. Gunakan 1 sdm tepung tapioka.
  4. Ambil 150 gr kelapa parut.
  5. Siapkan 1 sdt garam.
  6. Siapkan Secukupnya gula pasir.

Bandros singkatan juga dari Bandung On Tour Bus. Untuk kue pancong, kue bandros, dan kue gandos biasanya menggunakan cetakan yang sama, yaitu cetakan kue pukis. Jika anda belum tahu, kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos memiliki cara penyajian yang berbeda. Kue bandros atau yang lebih kita kenal kue pancong ini adalah jajanan tradisional khas bandung yang memiliki rasa gurih dan manis, bahan utamanya adalah tepung dan kelapa tua.

Langkah-langkah membuat Bandros/Pancong:

  1. Panaskan santan hingga hangat kuku. Campur semua bahan, aduk rata..
  2. Oles cetakan dengan margarin, tuang adonan hingga 3/4 cetakan. Masak hingga matang..
  3. Angkat, sajikan dengan taburan gula pasir..

Kue pancong, pukis, dan bandros menjadi beberapa jenis jajanan pasar yang sangat diminati di pasaran saat ini. Walaupun namanya berbeda, bentuk dan warna mereka mirip sehingga sering menyebabkan perdebatan. Akan membahas perbedaan dari ketiga kue populer tersebut. Usut punya usut, ternyata kue pancong ini punya banyak nama lain di berbagai daerah. Sebut saja bandros, gandos dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bandros/pancong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *