Aneka Resep: Kue Bandros / Kue Pancong, Lezat

  • 2 min read
  • May 29, 2021

Kue Bandros / Kue Pancong. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Kue pancong cenderung memiliki rasa yang gurih dan asin, hampir sama seperti kue bandros.

Intinya tetap sama, kue tradisional berbahan tepung ketan atau beras dan kelapa parut. Inilah jajanan murah meriah yang disukai berbagai kalangan, populer di berbagai kota. resep jajan tradisional KUE BANDROS by Catharina Maria Sri Sumarti. Jajanan sederhana, di beberapa daerah, punya sebutan lain, kue pancong, rangin.

Sedang mencari inspirasi resep kue bandros / kue pancong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue bandros / kue pancong yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Kue pancong cenderung memiliki rasa yang gurih dan asin, hampir sama seperti kue bandros.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue bandros / kue pancong, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue bandros / kue pancong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah kue bandros / kue pancong yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Bandros / Kue Pancong menggunakan 5 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue Bandros / Kue Pancong:

  1. Ambil 450 ml santan (kekentalan sedang).
  2. Ambil 140 gr tepung beras.
  3. Ambil 1 sdm tepung kanji.
  4. Ambil 1 sdt garam.
  5. Ambil 150 gr kelapa parut.

Cuss ahh kita melepas kangen sama si bandros. Kue tradisional yang sangat familiar sebagai salah satu dari aneka jajanan pasar ini bernama kue bandros. Kue ini berbentuk mirip dengan kue pancong, enak disajikan dengan taburan gula pasir bahkan terkadang disajikan bersama saus pedas. Sahabatdapur.com- Dari ketiga kue tradisonal ini kue bandros juga disebut dengan kue pancong atau kue gandos rangin.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Bandros / Kue Pancong:

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Masak santan sampai hangat² kuku, sisihkan..
  3. Dalam wadah, campur tepung beras, kanji, garam dan kelapa, aduk rata. Masukkan santan sedikit demi sedikit, lalu aduk rata..
  4. Panaskan cetakan (saya pake cetakan kue pukis), oles dengan sedikit minyak, tuang adonan kedalam cetakan (jangan terlalu penuh), biarkan kering, tutup. Angkat kue apabila bagian bawahnya sudah berwarna kuning kecoklatan. Sajikan..
  5. .

Apa saja sih perbedaannya yuk simak penjelasannya berikut ini. Kue Pukis Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula, telur, susu atau santan. Resep kue pancong paling terkenal yakni resep kue pancong betawi dan resep kue pancong bandung ( bandros ). Sebenarnya beberapa daerah punya resep kue tradisional ini namun dengan nama yang berbeda, seperti di jawa dinamakan sebagai kue rangin, sedangkan di daerah bali terkenal dengan nama haluman. Kue pancong digadang-gadang sebagai makanan khas Betawi, khususnya Jakarta.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Kue Bandros / Kue Pancong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *