Resep: Nasi Kuning (Cocok untuk buat Jualan loh! Cara Tradisional “Diaroni”), Enak Banget

  • 3 min read
  • Apr 26, 2021

Lagi cari resep nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”) yang paling enak? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”) terbaik! Hadirkan nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”) untuk agenda masak akhir pekan ini. Hidangan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Pada umumnya orang tidak berani memasak nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”) karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Pertama, santan direbus bersama bubuk kunyit atau kunyit parut sampai mendidih bersama salam dan serai. Setelah itu beras diaroni di dalam santan. Nasi Kuning, Nasi Tumpeng, Telur Pindang, Acar Kuning, Ayam goreng kuning, Ayam bumbu kuning, Telur masak kecap, Acar Mentimun, Ayam Goreng Kemiri Angkat dan pindahkan nasi ke dalam dandang untuk diaroni/dikukus, jika ingin mudah bisa juga dipindahkan ke dalam rice cooker.

Kawan-kawan dapat memasak nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”) hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”) yuk!

Untuk menyiapkan Nasi Kuning (Cocok untuk buat Jualan loh! Cara Tradisional “Diaroni”), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 500 gr of beras, cuci bersih dan rendam semalaman.
  2. Gunakan 50 gr of beras ketan, cuci bersih dan rendam semalaman.
  3. Dibutuhkan 8-10 bh of kunyit ukuran besar; cuci, kupas, dan iris tipis (Harus banyak yah biar kuning nya cantik).
  4. Gunakan 2 bh of jeruk nipis, ambil airnya.
  5. Dibutuhkan 1 btr of kelapa, parut dan peras dengan 500 mL air.
  6. Ambil 2-3 sdt of kaldu ayam/ jamur bubuk.
  7. Siapkan 2 btg of serai, memarkan.
  8. Gunakan 10-12 lbr of daun jeruk.
  9. Diperlukan 4 helai of daun pandan.
  10. Dibutuhkan 1 1/2-2 sdt of Garam.
  11. Diperlukan of Bahan Pelengkap:.
  12. Ambil of Abon sapi (siap beli).
  13. Siapkan of Kering kentang atau teri.
  14. Diperlukan of Perkedel Kentang dan Daging (Saya hari ini tidak buat).
  15. Dibutuhkan of Telur dadar, iris tipis atau telur balado juga enak.
  16. Diperlukan of Ayam goreng atau empal Goreng.
  17. Siapkan of Sambal Bajak.
  18. Ambil of Lalapan.

Untuk membuat nasi tidak membosankan, masyarakat pun menciptakan banyak varian olahan nasi. Untuk proses pembuatan dua nasi tersebut adalah sama. Nasi diaroni dulu dengan santan Olahan nasi tradisional Indonesia tersebut dapat disajikan dalam setiap acara adat atau syukuran. Nasi kuning tumpeng biasanya dibuat untuk acara khusus seperti untuk merayakan ulang tahun anak.

Cara menyiapkan Nasi Kuning (Cocok untuk buat Jualan loh! Cara Tradisional “Diaroni”):

  1. – Didihkan 300 ml air dan masukkan kunyit. Rebus dengan api kecil hingga air menjadi sangat kuning selama 30 menit minimal. Matikan apinya dan tambahkan air jeruk nipis. – Masukkan air kunyit ke dalam beras. Tambahkan air hingga semua beras terendam. Diamkan hingga berasnya berwarna kuning semalaman minimal 2 jam. – Tiriskan beras dan beras ketan. Berasnya dianginkan sebentar dalam piring datar. – Siapkan alat pengukus. Kukus beras dan beras ketan selama kurang lebih 30 menit..
  2. – Rebus santan kental, kaldu ayam bubuk, garam, batang serai, daun jeruk, dan daun pandan hingga mengental. – Masukkan beras yang telah dikukus ke dalam santan berbumbu dan masak dengan api kecil hingga airnya habis sambil diaduk terus-menerus. – Kukus kembali beras hingga beras matang menjadi nasi selama kurang lebih 30 menit. – Terakhir optional tambahkan bawang goreng dan aduk rata dengan garpu. – Sajikan dengan bahan pelengkap. Untuk 5-6 porsi nasi kuning.
  3. Catatan: Pilihlah beras yang berkualitas baik dan tidak mudah lembek..

Kemudian campurkan beras ke dalam santan dan mulai diaroni. Cara yang kedua adalah dengan merendam beras di air kunyit, tunggu hingga warnanya berubah menjadi kuning lalu masak. Nasi Kuning (Cocok untuk buat Jualan loh! Papa saya suka sekali nasi kuning. Saya ada resep kilat menggunakan rice cooker, tapi memang cara tradisional "diaroni" berbeda deh.

Mudah bukan membuat nasi kuning (cocok untuk buat jualan loh! cara tradisional “diaroni”)? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *