Cara Simpel Memasak Bandros/pancong Anti Gagal

  • 2 min read
  • Apr 17, 2021

Bandros/pancong. Jajanan tradisional ini tentunya senantiasa mengingatkan akan masa-masa kecil dulu. Dengan sajian teh hangat akan semakin menghangatkan suasana. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan.

Saya ga punya cetakan bandros pake snack maker pun jadi. Beda bentuk ga jadi soal yang penting rasa tetap endes. Bikin kue bandros cocok buat ngeteh sore bareng greentea latte.

Anda sedang mencari inspirasi resep bandros/pancong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bandros/pancong yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bandros/pancong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bandros/pancong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Jajanan tradisional ini tentunya senantiasa mengingatkan akan masa-masa kecil dulu. Dengan sajian teh hangat akan semakin menghangatkan suasana. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bandros/pancong yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bandros/pancong menggunakan 11 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bandros/pancong:

  1. Ambil Bahan A :.
  2. Siapkan 50 gram tepung beras.
  3. Sediakan 300 ml santan.
  4. Siapkan 2 lembar daun pandan.
  5. Siapkan 2 sdt garam.
  6. Gunakan Bahan B :.
  7. Siapkan 225 gram tepung beras.
  8. Ambil 300 gram kelapa parut.
  9. Ambil 2 butir telur, dikocok lepas.
  10. Gunakan 400 ml air.
  11. Siapkan 75 gram gula utk taburan.

Kue ini dibilang bandros kalo dibandung,kalo dijakarta dibilang kue pancong dan daerah lain kue keroncong. Intinya bahan nya sama tepung beras & kelapa. Bandros juga dibandung nama alat transpotasi buat keliling kota bandung. Bandros singkatan juga dari Bandung On Tour Bus.

Langkah-langkah menyiapkan Bandros/pancong:

  1. Bahan A : Campur tepung beras, santan, daun pandan dan garam. Masak dan aduk sampai mengental.
  2. Bahan B : aduk rata tepung beras dan kelapa parut. Tambahkan bahan A sambil diaduk rata. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit, aduk rata. Air tdk perlu dimasukkan semua jika adonan sdh cukup encer.
  3. Panaskan cetakan yang sudah dipanaskan. Olesi dg minyak, lalu tuang adonan sampai penuh..
  4. Tutup cetakan dan masak dg api kecil sampai kue matang. Sajikan panas dg taburan dengan gula pasir.

Bentuk dan cetakan kue Bandros ini mirip atau sama dengan cetakan resep kue gunjing, resep kue pukis, resep kue pancong yang membedakan adalah komposisi campuran adonan dasar tepung dan aneka topping atau rasanya. Kue bandros sunda ini rata-rata dijual di daerah Jawa Barat, seperti Sukabumi, Cianjur, Bogor, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cileunyi, dan Kota Bandung sendiri. Usut punya usut, ternyata kue pancong ini punya banyak nama lain di berbagai daerah. Sebut saja bandros, gandos dan masih banyak lagi lainnya. Namun tahukah kalian, bahwa ternyata kue pancong ini merupakan singkatan?

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bandros/pancong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *