Aneka Resep: Kue Bandros / Kue Pancong Anti Gagal

  • 2 min read
  • Feb 23, 2021

Kue Bandros / Kue Pancong. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice Freshly baked kue pancong. Sekilas, bentuk dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos ini memang terlihat sama. tapi sebenarnya berbeda, karena cetakan yang Kue pancong dan kue gandos biasanya disajikan polos begitu saja, karena memang rasanya sudah sangat enak. Untuk kue rangi, biasanya disajikan dengan.

Sebenarnya terdapat banyak perdebatan mengenai perbedaan dua kue tersebut. Versi kue dengan campuran kelapa ini disebut-sebut sebagai versi asli kue pancong yang telah lama dikenal. Di resepnya, bahan-bahan khas yang digunakan adalah tepung beras dan kelapa parut.

Anda sedang mencari inspirasi resep kue bandros / kue pancong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue bandros / kue pancong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue bandros / kue pancong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue bandros / kue pancong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice Freshly baked kue pancong. Sekilas, bentuk dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos ini memang terlihat sama. tapi sebenarnya berbeda, karena cetakan yang Kue pancong dan kue gandos biasanya disajikan polos begitu saja, karena memang rasanya sudah sangat enak. Untuk kue rangi, biasanya disajikan dengan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue bandros / kue pancong yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Bandros / Kue Pancong memakai 6 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kue Bandros / Kue Pancong:

  1. Sediakan 450 ml santan (dari 2 bungkus santan kental instan + air).
  2. Gunakan 140 gram tepung beras.
  3. Sediakan 1 sdm tepung tapioka.
  4. Siapkan 1 sdt garam.
  5. Sediakan 150 gram kelapa setengah tua / kelapa urap.
  6. Siapkan Gula pasir secukupnya untuk taburan.

Sebagian orang menyebut versi ini mirip dengan kue bandros khas Bandung atau rangi dari Jawa. Cara Mudah Membuat Kue Bandros Atau Kue Pancong. Resep Kue Putu Tepung Beras Jajanan Jadul Ala Rumahan. Resep Kue Bandros Bandung Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak.

Cara membuat Kue Bandros / Kue Pancong:

  1. Hangatkan santan dengan api kecil, hingga hangat kuku. Sisihkan dahulu.
  2. Dalam wadah, campur tepung beras, tapioka dan kelapa. Aduk rata.
  3. Masukkan santan secara bertahap, tambahkan garam, aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue pukis, oles dengan minyak, tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan, biarkan kering, tutup. Angkat kue apabila bagian bawahnya sudah berwarna kuning kecoklatan. Sajikan dengan taburan gula pasir.

Kue bandros Sunda pada umumnya rasa asin yang banyak dijual oleh abang-abang bandros tradisional tapi ada juga yang menjual bandros manis atau gurih percampuran asin dan manis. Kue pancong digadang-gadang sebagai makanan khas Betawi, khususnya Jakarta. Ada dua versi mengenai kue pancong dari segi bahan bakunya. Sebagian menyatakan kue pancong mirip dengan rangin Jawa Timur atau kue bandros khas Bandung, yakni adonan yang berbahan dasar. Intinya tetap sama, kue tradisional berbahan tepung ketan atau beras dan kelapa parut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue bandros / kue pancong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *