Cara Mudah Memasak Mie Ongklok dan Tempe Mendoan yang Enak Banget

  • 4 min read
  • May 14, 2021

Coba resep mie ongklok dan tempe mendoan sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan mie ongklok dan tempe mendoan untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Banyak orang sudah minder duluan mie ongklok dan tempe mendoan karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mie ongklok dan tempe mendoan! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Mie kuning dengan isian cacahan kol dan daun bawang, lalu disiram kuah kental gurih dan saus / sambal kacang. Mie ongklok paling lezat dinikmati bersama sate sapi dan tempe kemul. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik.

Kamu dapat memasak mie ongklok dan tempe mendoan hanya dengan menggunakan 33 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mie ongklok dan tempe mendoan!

Untuk membuat Mie Ongklok dan Tempe Mendoan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 bks of mi kering telur yang bentuknya pipih.
  2. Diperlukan 5-6 lbr of kol putih, potong kotak ukuran 4 cm.
  3. Dibutuhkan 4 btg of daun kucai, potong panjang 4 cm.
  4. Dibutuhkan 1 of dada ayam dengan tulang, cuci bersih.
  5. Dibutuhkan 6 buah of cakar ayam, cuci bersih.
  6. Gunakan 50 gr of gula jawa.
  7. Ambil 2 lbr of daun salam.
  8. Ambil 1 bks of kaldu ayam bubuk.
  9. Dibutuhkan of Tepung sagu secukupnya, campur dengan sedikit air.
  10. Gunakan of Bawang goreng.
  11. Siapkan secukupnya of Garam dan merica.
  12. Gunakan of Opsional: Kecap manis secukupnya bila kuah kurang merah.
  13. Sediakan of Cabai rawit hijau secukupnya sesuai selera.
  14. Dibutuhkan of Bumbu Halus:.
  15. Dibutuhkan 6 siung of bawang putih.
  16. Sediakan 4 btr of kemiri.
  17. Diperlukan 2 sdm of ebi kering, goreng (Sebelum dihaluskan, ebi harus digoreng terlebih dahulu hingga kering supaya kuah kaldu tidak berbau amis).
  18. Ambil 1/2 sdm of garam.
  19. Gunakan of Bahan Mendoan:.
  20. Sediakan 10 bh of tempe mendoan siap beli atau 1 bks tempe utuh, iris tipis.
  21. Ambil 100 gr of tepung terigu atau tepung beras (boleh dicampur).
  22. Dibutuhkan 25 gram of tepung tapioka.
  23. Sediakan 5 btg of daun kucai, iris 2 cm.
  24. Sediakan 200-250 ml of air (bergantung pada jenis tepung terigu).
  25. Dibutuhkan of Minyak goreng.
  26. Dibutuhkan of Bisa ditambahkan garam bila kurang asin.
  27. Diperlukan of Bumbu halus mendoan:.
  28. Ambil 3 siung of bawang putih.
  29. Dibutuhkan 2 btr of kemiri.
  30. Diperlukan 1 sdt of biji ketumbar.
  31. Ambil 1/4 ruas jari of kencur.
  32. Diperlukan 1/4 ruas jari of kunyit.
  33. Ambil 1 bks of kaldu ayam bubuk.

Rasa yang enak dan harga yang murah membuat makanan ini diburu dan dicari pelancong dari luar kota yang berkunjung ke wonosobo, tidak sulit menemukan penjual mie ongklok serta tempe kemul ini, sepanjang jalan di kota Wonosobo terdapat banyak penjual mulai dari kaki lima hingga restoran. Sajian mie ongklok ini paling enak disajikan dengan sate sapi manis, tempe mendoan atau tempe kemul. Rasa kuahnya yang segar dan berpadu dengan rempah alami akan menciptakan kenikmatan sendiri saat menikmatinya. Mie ongklok ini sendiri banyak variannya, salah satunya adalah resep mie ongklok ebi.

Cara memasak Mie Ongklok dan Tempe Mendoan:

  1. – Rebus dada ayam dan cakar dengan 1,25 liter air yang diberi sedikit garam. – Masak dengan api kecil hingga ayam lunak, kemudian tiriskan ayam. – Goreng ayam hingga cokelat keemasan, kemudian suwir-suwir. – Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. – Masukkan air kaldu ayam, daun salam, gula jawa, kaldu ayam, bubuk merica, dan garam secukupnya. – Didihkan. – Kentalkan dengan tepung sagu yang telah dicairkan dengan air. – Jika kurang merah, tambahkan sedikit kecap manis..
  2. – Didihkan air untuk merebus mi kering hingga setengah matang. – Masukkan kol putih dan daun kucai bersamaan dan rebus kembali bersama mi hingga matang. Tiriskan. – Untuk tempe mendoan: rendam tempe dalam air garam (air 500 ml dan 1 sdm garam) selama kurang lebih 5-10 menit. Campur bumbu halus dengan tepung terigu, tepung sagu, dan air. Tambahkan daun kucai. Celupkan tempe satu persatu dan goreng dalam minyak yang cukup panas hingga kuning kecokelatan..
  3. – Untuk menyajikan mie ongklok, susun mi dan sayur ke dalammangkuk. Taburi dengan ayam dan bawang goreng. Terakhir, tuang kuah di atasnya. – Jika suka rasa pedas, Anda boleh menambahkan cabai rawit hijau yang telah dihaluskan. Untuk 4 porsi Tip dari Mama: ♥ Biasanya mie ongklok disajikan bersama tempe mendoan. Hmmmm nikmatnyaaaa.. Mendoannya bisa dicelup dalam bumbu ebi nya… nyamm nyammm… Saya biasa menyajikan tempe mendoan saat saya memasak Mie Ongklok ala Wonosobo..
  4. Tetapi tempe ini bisa disajikan sebagai snack sore bersama teh. Selain menambahkan daun kucai, karena susah didapatkan anda bisa menggantinya dengan daun bawang. Bila anda menyukai tempe goreng kering, potong tempe setipis mungkin sehingga hasilnya bisa kering dah renyah..

Mie Ongklok khas Wonosobo ini memang paling nikmat di makan sama tempe mendoan atau tempe kemul dan sate sapi manis. Tapi aku tadi cuma sama tempe mendoan aja.ya udah enak banget kok.di dukung cuaca mendung yang dingin.hihi.berasa di Dieng Wonosobo dech. tapi suer.dingin banget kalau di sana.apalagi pas musim hujan gini.duduk di lantai gitu serasa duduk di es batu dech.saking dinginnya. Terinspirasi resep mbak Diah Didi beberapa waktu lalu.dan sepagian kok hujan mendung gerimis membawaku ke masa kecil di wonosobo.hikss💙 Ada bahan khas yang ketinggalan yaitu kucai dan kuganti daun bawang.alhamdulillah tetep enak.temennya tempe kemul alias tempe. Sajian Mie yang direbus menggunakan saringan khusus yang terbuat dari bambu dan itu menjadi ciri khas wonosobo nama nya "Ongklok" karena pada saat merebus, mie & kol nya di ongklok/kocok putar balik. oleh sebab saya tidak punya saringan bambu nya, jadi saya pakai saringan besi kawat biasa dan cita rasa nya tetep enak dan gurih. Di tengah dinginnya udara Wonosobo dan dataran tinggi Dieng, kedua kuliner tersebut memang paling pas disantap selagi panas.

Mudah bukan membuat mie ongklok dan tempe mendoan? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *