Resep 157. Mie Ongklok (Khas Wonosobo) yang Menggugah Selera

  • 3 min read
  • Feb 17, 2021

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep 157. mie ongklok (khas wonosobo) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! 157. mie ongklok (khas wonosobo) cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk makanan pesta.

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan 157. mie ongklok (khas wonosobo) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari 157. mie ongklok (khas wonosobo)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kuah Mie Ongklok terbuat dari ebi, tepung pati, gula jawa, dan bumbu lainnya. Selain itu, Mie Ongklok akan bertambah lezat dan nikmat rasanya dengan tambahan bumbu kacang serta taburan bawang goreng. Inilah lima rekomendasi kedai Mie Ongklok yang bisa kamu kunjungi, kalau ingin mencicipi Mie Ongklok di Wonosobo.

Kawan-kawan dapat menyiapkan 157. mie ongklok (khas wonosobo) hanya dengan menggunakan 29 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep 157. mie ongklok (khas wonosobo)!

Untuk menghidangkan 157. Mie Ongklok (Khas Wonosobo), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Bahan Rebusan Daging :.
  2. Ambil 11 of cakar / ceker ayam, cuci bersih.
  3. Siapkan 2 buah of bagian dada ayam dengan tulang, cuci bersih.
  4. Sediakan 1500 ml of / 1,5 liter air bersih.
  5. Siapkan 2 lembar of daun salam.
  6. Diperlukan 1 sdt of garam.
  7. Ambil of Bahan Bumbu :.
  8. Gunakan 50 gram of gula jawa.
  9. Siapkan 2 sdt of kaldu jamur.
  10. Sediakan 4 sdm of kecap manis.
  11. Siapkan 2 sdt of lada bubuk.
  12. Diperlukan of Garam, seperlunya untuk tambahan.
  13. Sediakan 6 sdm of tepung maizena, larutkan dengan kurang lebih 4 sdm air.
  14. Diperlukan of Bumbu Halus :.
  15. Siapkan 8 siung of bawang putih.
  16. Siapkan 4 butir of kemiri.
  17. Dibutuhkan 3 sdm of ebi / udang kering, goreng.
  18. Gunakan 1 sdt of garam.
  19. Diperlukan of Bahan Mie Rebus :.
  20. Siapkan of Mie kering telur yang bentuknya pipih.
  21. Diperlukan 8 lembar of kol putih, potong kotak ukuran 4 cm.
  22. Gunakan 10 btg of kucai (saya pakai daun bawang 2 btg), potong panjang 4cm.
  23. Ambil of Bahan Taburan :.
  24. Sediakan of Bawang goreng (saya skip karena no stock).
  25. Dibutuhkan of Bahan Pelengkap :.
  26. Gunakan of Bakso sapi.
  27. Siapkan of Sate ayam.
  28. Siapkan of Tempe mendoan.
  29. Dibutuhkan of Sambal rawit.

Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo ASLI banget deh. cicipi rasa unik dan lezat setelah anda tahu cara membuat mi tradisional ini dengan kuah udang ebi. Mienya sih seperti seperti olahan mie lain, memakai mie kuning. Bila olahan mie lain umum memakai tauge atau sawi juga sebagai campurannya, Mie Ongklok mencampurkan kubis serta kucai juga sebagai sayurannya. Mie ongklok merupakan makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, mie ongklok dibuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji yang biasa disebut dengan loh.

Proses menyiapkan 157. Mie Ongklok (Khas Wonosobo):

  1. Siapkan panci sedang. Masukkan dada & cakar ayam, 1 sdt garam, daun salam dan air besih. Saya rebus dengan metode 15.30-15-30 supaya daging cepat empuk. ⚠️ Rebusan : rebus daging dgn panci tertutup selama 15 menit sampai mendidih. Diamkan 30 menit (tutup jangan dibuka sama sekali). Ulangi lagi dengan merebus selama 15 menit dan diamkan selama 30 menit..
  2. Tiriskan ayam. Goreng ayam hingga coklat keemasan, kemudian suwir-suwir..
  3. Goreng ebi hingga matang dengan 4 sdm minyak sayur yang sudah dipanaskan sebelumnya (guna ebi digoreng terlebih dahulu adalah supaya kuah kaldu tidak berbau amis). Angkat ebi dan campurkan dengan bahan² yang akan dihaluskan/diuleg..
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan 6 sdm minyak sayur hingga harum. Masukkan ke dalam air kaldu ayam. Tambahkan gula jawa, kaldu ayam/jamur bubuk, merica bubuk dan garam seperlunya. Tes rasa..
  5. Tambahkan kecap manis jika kuah kurang merah. Didihkan. Oh iya, saya juga menambahkan 7 butir bakso sapi. Ketika sudah mendidih, daun salam saya buang..
  6. Lalu kentalkan dengan tepung maizena yang telah dicairkan dengan air..
  7. 🍜 Didihkan air bersih untuk merebus mie kering, potongan daun kol dan daun bawang. Tiriskan. 🍜 Untuk menyajikan mie ongklok, susun mie dan sayur ke dalam mangkuk. Taburi dengan ayam suwir dan bawang goreng (saya skip karena no stock). Lalu tuang kuah di atasnya..
  8. Sajikan mie ongklok dalam keadaan hangat. *SARAN : Lebih nikmat disajikan dengan sate ayam, sambal dan tempe mendoan khas wonosobo..

Mie ongklok ini biasa disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul khas Wonosobo, pertama kali kita melihat mie ongklok akan bertanya-tanya dan penasaran bagaimana rasanya, dan. Mie Ongklok Mie ongklok merupakan kuliner tradisional khas Wonosobo, sangat sulit ditemukan di daerah lain. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk menikmati mie ongklok di Wonosobo. Mie ongklok disajikan bersama sate sapi dan tempe kemul, enak dinikmati saat masih panas. Sudah pernah mendengar nama mie ongklok? pada artikel kali ini akan diberikan Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo.

Mudah bukan membuat 157. mie ongklok (khas wonosobo)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *