Resep Kue Pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos, Enak

  • 3 min read
  • Jun 20, 2021

Kue Pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos. Lihat juga resep Kue Pancong Keju enak lainnya. Resep rahasia bolu super lembut no mixer no oven takaran sendok ala anak kos, enak banget bisa buat cemilan di rumah aja gak perlu repot repot beli keluar. Kue pancong merupakan jajanan khas betawi yang cocok untuk menemani waktu bersantai.

Menurut catatan sejarah, jajanan kue basah ini berasal dari. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. Biasanya kalau bikin kue atau roti saya pakai ilmu kira-kira pakai takaran sendok makan.

Anda sedang mencari inspirasi resep kue pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Kue Pancong Keju enak lainnya. Resep rahasia bolu super lembut no mixer no oven takaran sendok ala anak kos, enak banget bisa buat cemilan di rumah aja gak perlu repot repot beli keluar. Kue pancong merupakan jajanan khas betawi yang cocok untuk menemani waktu bersantai.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kue Pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos menggunakan 12 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos:

  1. Sediakan 1 butir telur ayam.
  2. Siapkan 5 sdm (agak munjung) tepung terigu.
  3. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  4. Siapkan 1 sdm susu kental manis plain (putih).
  5. Gunakan 5 sdm air.
  6. Gunakan Garam secukupnya (saya pakai sepucuk sdm).
  7. Siapkan 1/2 sdm fermipan.
  8. Gunakan 1/2 sdt soda kue.
  9. Siapkan 2 sdm margarin.
  10. Ambil Bahan Topping.
  11. Sediakan 1 sachet Susu kental manis.
  12. Siapkan sesuai selera bubuk oreo/ keju parut/ milo.

Tapi kira-kira penulis nyaris bener kok kalau mengonversi dari gram ke sendok makan. Warung kue pancong murah ini diserbu ratusan orang!!! Cara membuat cing cong fan yang enak ala enny tangerang!!! Inilah resep cara buat kue pancong bahan tepung beras dengan campuran kelapa parut manis enak.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos:

  1. Kocok telur 4 menit (hingga warna telur pucat). Gunakan cangkir yang agak lebar/mangkuk yang agak tinggi agar telur tidak tumpah saat dikocok. Atau gunakan mixer, kocok bersama gula.
  2. Masukkan bahan selain margarin pada wadah.
  3. Aduk rata seluruh bahan kecuali margarin.
  4. Diamkan adonan selama 15 menit. Tutup dengan kain..
  5. Selama menunggu, siapkan margarin, cairkan. Lalu dinginkan dibawah kipas angin sampai tidak terlalu panas. Jangan terlalu lama agar margarin tidak keras lagi..
  6. Setelah 15 menit, masukkan margarin yang sudah dingin ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata.
  7. Masak dengan teflon atau cetakan dengan api sangat kecil. Apabila sudah berlubang, tutup teflon. (Masak kurang lebih 3 menit/sesuai selera).
  8. Beri topping sesuai selera. Saya pakai parutan keju, susu kental manis, dan bubuk oreo.

Keunikannya justru terletak dari penggunaan bahan bahan utama kue pancong yang berbeda. Bahan dasar kue pancong betawi yakni tepung beras campur santan dengan taburan gula pasir. Udah coba resep kue pancong yang apa saja? Beberapa varian ini bisa Anda eksplorasi untuk tambahan koleksi referensi. Beberapa resep kue pancong menambahkan taburan gula pasir atau saus gula merah di atasnya sehingga rasa gurihnya bercampur dengan rasa manis.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kue pancong (no mixer, takaran sendok) ala anak kos yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!