Aneka Resep: Donat Kentang Lembut yang Bikin Ngiler

  • 2 min read
  • Jul 09, 2021

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep donat kentang lembut ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! donat kentang lembut salah satu menu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Pada umumnya orang tidak berani memasak donat kentang lembut karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat kentang lembut! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibuat terasa lezat. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selain citarasa yang enak, donat kentang juga memiliki tekstur yang lembut. Tak hanya itu, donat kentang juga bergizi karena. Sekarang, donat nggak cuma bolong tengahnya lho, udah ada donat nggak pakai bolongan.

Kawan-kawan dapat menyiapkan donat kentang lembut hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep donat kentang lembut!

Untuk menghidangkan Donat Kentang Lembut, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan biang.
  2. Dibutuhkan 9 gr of ragi instant.
  3. Siapkan 1 sendok teh of gula pasir.
  4. Sediakan 100 ml of air hangat.
  5. Ambil of Bahan tepung.
  6. Diperlukan 350 gr of terigu protein tinggi.
  7. Gunakan 150 of gt terigu protein sedang.
  8. Dibutuhkan 50 gr of susu bubuk full cream.
  9. Dibutuhkan 75 gr of gula pasir.
  10. Siapkan 200 gr of kentang (kukus, haluskan).
  11. Sediakan 1 butir of telur utuh.
  12. Diperlukan 1 butir of kuning telur.
  13. Ambil 110-125 ml of susu cair dingin plain.
  14. Diperlukan 75 gr of butter/ margarine.
  15. Siapkan 1 sendok teh of garam.

Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang. Ini nih yang mau kita intip resepnya. Resep donat kentang yang empuk, enak, dan lembut. Resep donat kentang – Kue enak dan lembut teksturnya lembut di tengahnya ada lubang, kue apakah itu?

Cara membuat Donat Kentang Lembut:

  1. Campur rata bahan kering, buat lubang di tengah, masukkan telur, susu cair, dan biang, aduk rata dengan spatula.
  2. Masukkan kentang halus, lalu uleni dengan mixer/ manual hingga kalis. Masukkan butter/margarine dan garam. Uleni lagi hingga kalis elastis dan mencapai window pane stage (adonan bila dibentangkan akan lentur, tidak mudah robek).
  3. Rapikan dan bulatkan adonan. Beri minyak goreng sedikit, diamkan 45-60 menit sampai mengembang 2x lipat. Setelah itu uleni sebentar adonan untuk membuang gasnya dan bagi2 menjadi bulatan @60 gr (atau sesuai selera)Beri alas bawahnya dengan baking paper atau kertas bakpau yg sudah ditaburi tepung. Diamkan lagi 15 menit sampai mengembang.
  4. Bila ingin donat berlubang di tengahnya, mommy bisa menggunakan pangkal spuit. Nyalakan kompor dengan api kecil cenderung api lilin. Supaya panasnya merata sehingga dalamnya matang, luarnya gak gosong. Tiriskan.
  5. Setelah dingin, bisa dilumuri dengan gula halus atau dioles buttercream dan taburi meses/parutan keju on top.

Siapa sih yang nggak kenal sama salah satu makanan favorit anak-anak hingga orang dewasa yang satu ini? Selain memiliki bentuk yang unik, ada banyak sekali varian donat yang di jual di pasar dengan bentuk yang di modifikasi menjadi lebih lucu. Resep donat kentang yang empuk dan lembut selalu dicari. Yup, donat kentang menjadi salah satu camilan lezat saat kamu sedang di rumah. Donat kentang bisa menjadi pilihan yang pas karena akan membuat teksturnya semakin empuk dan lezat tentunya.

Mudah bukan membuat donat kentang lembut? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *