Resep Jengkol Balado, Menggugah Selera

  • 2 min read
  • Apr 09, 2021

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep jengkol balado ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan jengkol balado! Menu spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Kebanyakan orang takut mulai memasak jengkol balado karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari jengkol balado! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Dan untuk mensiasati kekhilafan agar tidak nambah dan terus nambah nasi lagi, maka segeralah minum air putih sebanyak-banyaknya hahahah 😀 Kami Menjual Aneka Produk Olahan dari Bahan Jengkol, Rendang Jengkol, Jengkol Balado, Keripik Jengkol, Semur Jengkol, Buah Jengkol Segar dan Bibit Jengkol Super Silahkan kunjungi halaman artikel kami untuk berbagi resep olahan jengkol serta pengalaman dalam budidaya tanaman jengkol. Bumbu balado merupakan bumbu yang sering digunakan pada berbagai jenis masakan. Bisa dibilang, bumbu balado merupakan salah satu bumbu dapur utama.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat menghidangkan jengkol balado hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin jengkol balado yuk!

Untuk membuat Jengkol Balado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 300 gram of Jengkol.
  2. Dibutuhkan of Daun salam 2 lembar untuk merebus jengkol.
  3. Gunakan 2 liter of Air.
  4. Ambil 2 lembar of Daun salam.
  5. Gunakan 3 lembar of Daun jeruk.
  6. Gunakan 1 sdt of Garam.
  7. Siapkan 1 sdt of Gula pasir.
  8. Diperlukan of Minyak untuk menumis.
  9. Sediakan of Bumbu Halus:.
  10. Siapkan 10 buah of Cabe rawit keriting.
  11. Sediakan 5 buah of Cabe rawit merah.
  12. Dibutuhkan 1 buah of Tomat merah.
  13. Siapkan 6 butir of Bawang merah.
  14. Dibutuhkan 2 siung of Bawang putih.

Tidak heran, bumbu balado dapat dengan mudah ditemukan di pasar. Beberapa contoh makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado adalah telur, ayam, dan ikan. Pada resep kali ini, akan dibahas mengenai jengkol bumbu balado. Jengkol Balado rasa pedas siap disajikan sebagai lauk nasi putih.

Proses memasak Jengkol Balado:

  1. Belah tiap jengkol jadi dua bagian..
  2. Didihkan air dalam panci. Rebus jengkol bersama daun salam. Setelah jengkol empuk, Angkat dan tiriskan..
  3. Buang kulit jengkol lalu pipihkan sedikit dengan pemukul ulekan. Bilas jengkol dengan air lalu tiriskan..
  4. Pananskan minyak. Goreng jengkol sebentar lalu angkat dan sisihkan..
  5. Panaskan minyak bekas menggoreng jengkol. Tumis bumbu halus hingga harum..
  6. Masukkan daun salam, daun jeruk, gula pasir, dan garam. Masak hingga bumbu matang..
  7. Masukkan jengkol lalu masak hingga terbalut sambal. Angkat..

Cara membuat Jengkol Balado khas Padang diatas memang sangat mudah. Namun ada satu masalah yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita setelah mengonsumsi sajian Jengkol Balado yaitu bau mulut yang tidak sedap. Jengkol balado sangat cocok apabila dinikmati sebagai lauk makan nasi hangat ataupun ketupat (lontong), terutama saat perut sedang keroncongan atau lapar. Selain itu jika Anda menyukai rasa pedas, Anda dapat menambahkan jumlah cabe di atas sesuai selera masing-masing mengingat takaran cabe diatas merupakan takaran pedas yang standar atau umum. Jengkol bisa diolah menjadi berbagai varian masakan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat jengkol balado hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *