Resep: Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning) Anti Gagal

  • 2 min read
  • Feb 14, 2021

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep nasi kuning bjn (nasi uduk kuning) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Menu nasi kuning bjn (nasi uduk kuning) ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Pada umumnya orang malas mulai memasak nasi kuning bjn (nasi uduk kuning) karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kuning bjn (nasi uduk kuning)! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Untuk kuah kacangnya dapat disiramkan ke nasi. Apabila anda terbiasa dengan sambal dapat ditambah dengan membuat. Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan nasi kuning bjn (nasi uduk kuning) hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin nasi kuning bjn (nasi uduk kuning) yuk!

Untuk menyiapkan Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of beras.
  2. Diperlukan of sct santan kara (larutkan dalam air).
  3. Sediakan of air (boleh 600ml air + 100ml kaldu ayam biar makin gurih).
  4. Dibutuhkan of Bumbu.
  5. Dibutuhkan of daun salam.
  6. Ambil of daun jeruk.
  7. Gunakan of sereh (geprek).
  8. Ambil of lengkuas.
  9. Dibutuhkan of jahe.
  10. Gunakan of Garam.
  11. Dibutuhkan of kunyit /sesuka selera warna (haluskan).

Untuk penyajiannya nasi kuning kerap dibentuk jadi kerucut, menggunakan cetakan tumpeng. Namun bisa juga disajikan biasa seperti menu makanan yang lain. Kalau nasi kuning yang dimasak menggunakan rice cooker biasanya disajikan di piring piring hidangan. Sedangkan nasi kuning tumpeng dibentuk menyerupai tumpeng atau kerucut dan hiasan yang biasanya isi lauk lauk menjadi lebih komplit dan lebih lengkap daripada biasanya.

Langkah-langkah menghidangkan Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning):

  1. Cuci beras sampai bersih, masukkan dalam panci, masukkan air yg sudah dicampur santan kara, masukkan semua bahan/bumbu iris, garam secukupnya dan kunyit yg sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Cek rasa (kalau dirasa kurang asin atau kurang gurih bisa ditambahkan garam lagi).
  2. Nyalakan Api, masak dengan api sedang sampai mendidih, kemudian aduk sesekali (jangan terlalu sering diaduk biar nasu tidak terlalu matang/lemes) masak hingga air surut dan rasa nasi setengah matang (atau masih agak keras), kemudian matikan api dan aduk sekali..
  3. Siapkan dandang kukusan panaskan dandang sampe air dandang mendidih kemudian masukkan nasi kedalam dandang (jangan lupa kasih sarangan nya buat ngukus ya😁). Masak/kukus ±25 menit, kemudian matikan api dan nasi siap dihidangkan bersama lauk kesukaan masing² 🥰🤗.

Nasi kuning (Indonesian for: "yellow rice"), or sometimes called nasi kunyit (Indonesian for: "turmeric rice"), is an Indonesian fragrant rice dish cooked with coconut milk and turmeric, hence the name nasi kuning (yellow rice). Resep nasi kuning – Siapa yang tak kenal nasi kuning? Makanan khas Indonesia ini terbuat dari beras yang diberi kunyit untuk menghasilkan warna kuning dan dimasak bersama santan. Nasi kuning sering disajikan pada acara-acara tertentu seperti tasyakuran, pesta ulang tahun maupun pesta. Jangan Lupa Di Like dan Subscribe Channel ini agar makin Banyak Review Makanan dan Minuman yg Di Upload di Sini, Salam Lapar.

Mudah bukan membuat nasi kuning bjn (nasi uduk kuning)? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *