Aneka Resep: Siomay Ayam Udang (Dimsum) Anti Gagal

  • 2 min read
  • Feb 24, 2021

Siomay Ayam Udang (Dimsum). Tapi rasanya luar biasa.gurih dan legit. Jamin makan satu gak akan cukup :). Sekali buat siomay ini bakal ketagihan loh.

Episode masak kali ini miss yzmalicious sharing cara membuat SIOMAY AYAM UDANG! Disantap dengan sambal kacang atau sambal Cabe enak. Siomay Ikan Akang Asli Bandung + Bumbu Kacang.

Lagi mencari ide resep siomay ayam udang (dimsum) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal siomay ayam udang (dimsum) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari siomay ayam udang (dimsum), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan siomay ayam udang (dimsum) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Tapi rasanya luar biasa.gurih dan legit. Jamin makan satu gak akan cukup :). Sekali buat siomay ini bakal ketagihan loh.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah siomay ayam udang (dimsum) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Siomay Ayam Udang (Dimsum) menggunakan 15 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Siomay Ayam Udang (Dimsum):

  1. Siapkan 250 gr udang, cuci bersih, buang kulitnya.
  2. Siapkan 250 gr dada ayam, cuci bersih.
  3. Gunakan 1 butir telor.
  4. Sediakan 1 buah bengkoang, diparut. Atau bisa diganti dgn labu siam 1 buah kecil dikukus setengah matang lalu diiris kecil2 (optional).
  5. Sediakan 8 sdm tp tapioka.
  6. Sediakan 3 siung bawang putih, cincang halus.
  7. Siapkan 2 helai daun bawang, cincang halus.
  8. Sediakan 1 buah wortel, parut.
  9. Ambil 2 sdm minyak wijen.
  10. Sediakan 2 sdm saos tiram.
  11. Sediakan 1/2 sdt kecap asin.
  12. Gunakan 1/2 sdt garam.
  13. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  14. Gunakan 1/2 sdt gula pasir.
  15. Sediakan 18 buah kulit pangsit.

Terbuat dari Ikan Halal khas Bandung yg di proses secara higenis tanpa pengawet dan msg sehingga aman dikonsumsi oleh anak anak. Walaupun demikian, siomay dimsum saat ini dapat dikreasikan menggunakan bahan lainnya yang halal seperti siomay dimsum yang terbuat dari udang, daging kepiting, daging sapi, dan juga daging ayam. Di negara Cina, siomay dimsum umumnya berbentuk silinder yang di atasnya diberi hiasan. Siomay dim sum, begitu biasanya disebut kalo di Indonesia, ini adalah jenis dumpling yang aslinya dari daratan Tiongkok sana.

Langkah-langkah menyiapkan Siomay Ayam Udang (Dimsum):

  1. Blender udang, ayam, telor. Jangan terlalu halus. Sisihkan ke mangkok.
  2. Masukkan tp tapioka, bawang putih, daun bawang, bengkoang parut, aduk rata..
  3. Lalu masukkan minyak wijen, saos tiram, kecap asin, garam, lada bubuk, gula sampe semua kecampur rata..
  4. Letakkan adonan di atas kulit pangsit lalu bentuk sesuai selera. Taburi parutan wortel diatasnya..
  5. Kukus selama 30 menit. 5 menit sebelum pengukusan selesai oles air ke kulit pangsit menggunakan kuas agar pangsit tidak kering walopun udah dingin..
  6. Resep saos : rebus 3 buah cabe merah dan 2 siung bawang putih, uleg sampai halus. Tambahkan 4 sdm saos sambal dan 1 sdm gula pasir, lalu tambahkan air panas secukupnya. Aduk rata, koreksi rasa (sesuaikan selera masing2 ya).
  7. Tujuan dikasih bengkoang / labu siam agar siomay lebih lembut ya 😊.

Oke deh sekarang mari kita coba bikin siomay dim sum ayam udang yang sebenernya sederhana dan mudah banget dibuatnya, tapi. Cara membuat dimsum atau siomay ayam udang dari koki profesional. Bisa untuk ide jualan makanan online. Kali ini ia berbagi resep dan cara membuat dimsum ayam udang. Salah satu varian dimsum siomay paling populer.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan siomay ayam udang (dimsum) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *