Langkah Mudah Memasak Keumamah (cakalang aceh) Anti Gagal

  • 2 min read
  • Apr 10, 2021

Sedang nyari resep keumamah (cakalang aceh) yang paling sedap? Tidak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep keumamah (cakalang aceh) terbaik! Satu lagi sajian yang bakal bikin meja makan semakin meriah – keumamah (cakalang aceh)! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan keumamah (cakalang aceh) karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari keumamah (cakalang aceh)! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dihasilkan terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Cocok buat perjalanan jauh atau anak kos. Keumamah (cakalang aceh) Ikan tuna suir yang dimasak bersama asam sunti dan minyak yang banyak ini dijamin selalu bikin makan nasi gak cukup satu piring. Cocok buat perjalanan jauh atau anak kos.

Kamu dapat memasak keumamah (cakalang aceh) hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin keumamah (cakalang aceh) yuk!

Untuk membuat Keumamah (cakalang aceh), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 kg of ikan tuna.
  2. Ambil 10 siung of bawang merah.
  3. Dibutuhkan 4 siung of bawang putih.
  4. Gunakan 10 tangkai of cabe merah (pedas sesuai selera).
  5. Siapkan 10 butir of asam sunti (belimbing wuluh yang dikeringkan).
  6. Siapkan 1 buah of tomat besar.
  7. Ambil 1 sdm of kunyit bubuk.
  8. Dibutuhkan 1 sdm of ketumbar bubuk.
  9. Sediakan of Minyak yang banyak.

Harusnya ini pakai ikan kayu, yaitu ik. BANDA ACEH – Keumamah merupakan salah satu kuliner tradisional masyarakat Aceh yang terbuat dari bahan baku ikan, jenis tongkol dan cakalang. Apabila dikemas dengan baik, makanan ini dapat dijadikan peluang usaha yang bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia. Eungkot Keumamah tak sekadar kuliner autentik khas Aceh.

Langkah-langkah menyiapkan Keumamah (cakalang aceh):

  1. Cuci bersih dan potong 2 ikan tuna. Marinasi sebentar dengan perasan jeruk nipis.
  2. Blender bawang merah,bawang putih, cabe, sunti, tomat, kunyit bubuk, dan ketumbar bubuk dengan sedikit air. Sisihkan.
  3. Kukus ikan tuna sampai matang (sekitar 15 menit).
  4. Setelah matang, suir2 ikan. Jangan terlalu halus nanti mudah hancur saat dimasak.
  5. Panaskan minyak di wajan. We.
  6. Goreng ikan yang telah disuir ke dalam minyak panas sampai seluruh ikan terendam.
  7. Goreng ikan sampai 3/4 kering, lalu tuangkan bumbu yang telah diblender.
  8. Aduk ikan dan bumbu sampai tercampur rata.
  9. Tambahkan garam. Koreksi rasa dan biarkan sampai bumbu benar2 matang dan meresap ke ikan..
  10. Angkat dan sajikan.

Tapi pada masa lampau eungkot keumamah mengunakan bahan ikan tongkol atau cakalang. Makanan ini jadi bekal para pejuang di Aceh saat masa kolonial Belanda. Eungkot Keumamah dibuat dari daging ikan tongkol atau cakalang. Foto: @bandawindsor Resep Keumamah Ikan kayu khas Aceh – Makanan khas Aceh bernama Keumamah ini adalah salah satu makanan tradisional Aceh yang memiliki rasa khas yang sangat digemari oleh masyarakat luas, khususnya daerah Aceh. Masakan ini mempunyai banyak sebutan, mulai dari keumamah, katshiobushi dan juga ikan kayu.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat keumamah (cakalang aceh). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *