Resep: Donat Susu Empuk Sehat, Enak

  • 3 min read
  • Mar 04, 2021

Coba resep donat susu empuk sehat sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi sajian yang bakal bikin meja makan semakin meriah – donat susu empuk sehat! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Pada umumnya orang sudah minder duluan donat susu empuk sehat karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat susu empuk sehat! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Modif dikit dr resep bunda Rizki Purwanti. Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk. Donat adalah kue yang disukai semua orang.

Sobat dapat menyiapkan donat susu empuk sehat hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin donat susu empuk sehat yuk!

Untuk membuat Donat Susu Empuk Sehat, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 440 gr of terigu serbaguna (sesuai in ntar sama besarnya telur ya bunda2 kdg nambah dikit).
  2. Dibutuhkan 60 gr of maizena.
  3. Dibutuhkan 120 ml of susu uht plain.
  4. Gunakan 80 gr of margarin/butter (aku pake butter, kebetulan ada 😁).
  5. Diperlukan 60 gr of ragi instan (aku pake merk fermipan).
  6. Sediakan 1 butir of telur.
  7. Dibutuhkan 1 of kuning telur.
  8. Sediakan secukupnya of garam.
  9. Ambil 30 ml of air hangat.
  10. Gunakan 80 gr of gula.
  11. Dibutuhkan of Topping.
  12. Gunakan of coklat leleh/gula donat/gula halus/meses/keju.
  13. Sediakan of topping opsional ya bun2.

Berbagai macam donat hadir sebagai sajian yang disuka sepanjang masa. Donat Kentang yang empuk dan enak bisa kamu bikin dari resep ini. Resep Donat JCO – Mendadak pengin makan camilan yang enak dan empuk buat teman minum teh. Akhirnya coba-coba bikin donat yang teksturnya empuk dan lembut a la donat JCO.

Cara menghidangkan Donat Susu Empuk Sehat:

  1. Masukkan ragi dan gula ke dalam air hangat (jangan terlalu panas ya bun) tunggu sampai berbuih kira2 10 menit.
  2. Ayak terigu dan maizena dalam mangkok besar.
  3. Tambahkan larutan ragi gula, susu uht, mentega/margarin, telur, aduk perlahan hingga merata,uleni hingga setengah kalis tambahkan garam..
  4. Uleni adonan smpai kalis kalo masi lengket2 tambahkan sedikit saja tepung adonan memang agak sedikit lengket ya bun.. langkah selanjutnya bnting adonan kira-kira 10 menit, jangan terlalu kuat membanting ya bun biar nanti teksturnya ga keras, (ga perlu pake tenaga super hehe…) intinya supaya raginya bekerja trus tandanya udah bekerja tekstur adonan terasa ringan dan tercium aroma ragi yang enak..
  5. Bulatkan adonan dan tutup wadahnya selama lebih kurang 45 – 60 menit (mengembang dua kali lipat).
  6. Buka penutup wadah kempiskan adonan (meninju adonan) agar gasnya keluar.
  7. Ambil adonan kemudian tipiskan dengan pin roll kira2 1,5 cm, cetak dengan cetakan donat atau kalo ga punya pake bibir gelas trus buat bolonginnya pake bibir botol air mineral (diakalin ya bun) biar hasilnya sama besar daan cantik, jangan lupa taburin bawah donat pake tepung dlu ya bun biat ga lengkeet,.
  8. Istirahatkan kembali adonan kira2 20 menitan smpe ngembang lagi.
  9. Goreng donat dengan api kecil ditungguin ya bun, jangan nyambi nyuci hihi donat cepet gosong.
  10. Kalo udah kekuningan angkat, tiriskan.
  11. Beri toping sesuai selera, kalo si uni sukanya pake gula aja, ato ga gapake toping, krn gini aja udah enak katanya.

Kebetulan ada topping coklat sisa cake ultah buat keponakan kemarin. Namun tentu saja tekstur dan cita rasanya berbeda dengan donat asli Indonesia, semisal donat kentang. Daripada berbasa-basi lebih panjang lagi simak cara membuat donat baik resep donat asli Indonesia beserta cara membuat donat kentang yang lembut dan sederhana di rumah atau cara membuat donat JCO. Dengan cara mudah ini makan donat yang Anda bikin akan menyerap minyak lebih sedikit sehingga lebih enak dan sehat dikonsumsi keluarga. Cara Membuat Donat Yang Empuk dan Mengembang Tanpa Kentang ini benar-benar andalan, karena hasilnya selalu memuaskan jika Anda mengikuti bahan-bahan dan proses pembuatannya dengan benar.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat donat susu empuk sehat hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *