Aneka Resep: Pukis Nangka/Pancong pasti Menul yang Sempurna

  • 3 min read
  • Feb 15, 2021

Sedang cari resep pukis nangka/pancong pasti menul yang paling lezat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pukis nangka/pancong pasti menul terbaik! Satu lagi hidangan yang bakal bikin meja makan semakin meriah – pukis nangka/pancong pasti menul! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Banyak orang takut mulai memasak pukis nangka/pancong pasti menul karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pukis nangka/pancong pasti menul! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Namun dari pohon nangka berbeda jika anda melihat manfaat akar pepaya, siapa sangka ternyata semua bagian dari pohonnya dapat dimanfaatkan tidak hanya buahnya saja. Kue basah yang tidak kalah enaknya dengan martabak manis yaitu kue pukis. Jajanan yang satu ini sangat mudah kita jumpai di pasar tradisional.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat membuat pukis nangka/pancong pasti menul hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 14 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pukis nangka/pancong pasti menul yuk!

Untuk menyiapkan Pukis Nangka/Pancong pasti Menul, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 200 gr of terigu apa saja.
  2. Dibutuhkan 150 gr of nangka.
  3. Siapkan 100 of gula.
  4. Siapkan 2 sendok mkn of susu bubuk, kental manis gpp kl gak ada.
  5. Ambil 1/2 sendok mkn of baking powder, baking soda gpp kl gak ada.
  6. Dibutuhkan 5 sendok mkn of margarin lelehkan, blueband lebih enak.
  7. Siapkan 150 ml of air/segelas hampir penuh.
  8. Ambil 1 butir of telur.
  9. Sediakan 1/2 sdm of fermipan/½ bungkus.

Ada beberapa variasi rasa dan topping kue pukis ini, mulai dari pandan, coklat, keju hingga kismis. Walaupun memerlukan cetakan kue khusus, namun. Pukis ini adalah salah satu jajanan pasar yang favorit banget. Rasanya agak mirip pancake tapi yang khas di pukis itu ada aroma ragi dan santannya, jadi kalau ada resep pukis tanpa ragi atau santan jadinya ngga kaya pukis lagi menurut saya😅.

Langkah-langkah menyiapkan Pukis Nangka/Pancong pasti Menul:

  1. Campur semua bahan selain tepung, baking powder, dan margarin. Bisa diblender, mixer atau manual.
  2. Setelah tercampur tambahkan tepung dan margarin aduk rata. Biarkan minimal 15 menit agar fermipan/ragi bekerja.
  3. Panaskan cetakan, lebih bagus kalau bawah cetakan diberi alas agar panas api kompor jatuhnya rata, seng atau apalah, kalau saya pakek tutup kaleng biskuit monde (maksa banget 😁).
  4. Masukkan dan aduk rata baking powder dalam adonan sebelum adonan dipanggang. Olesi cetakan dengan margarin jika bukan berbahan anti lengket.
  5. Masukkan adonan setengah tinggi karena akan mengembang seperti ini. Apinya kecil saja, biarkan terbuka sebentar baru ditutup (agar lebih terbentuk sarang/rongganya).
  6. Panggang kurleb 5 menit sampai agak coklat (lebih bening gak putih).
  7. Angkat dan tuh, kan. Sarangnya kebentuk banget, gak bantat. Pasti menul. Dijamin..
  8. Bukak lagi dapet menul lagi, sampek abis.
  9. Note: lebih bagus pakek baking powder double action karena kerjanya 2x (ketika kena air dlm adonan dan saat pemanggangan).
  10. Beda baking powder sama baking soda adalah kl baking soda bersifat basa (agak pahit kalau kebanyakan) dan hanya bisa bekerja jika dalam adonan ada bahan yg bersifat asam. Sedang baking powder itu baking soda yg dah dicampur dg bahan lain sehingga bisa bekerja walau tanpa asam..
  11. Rongga kecil yang mempengaruhi adalah fermipan, kalau yg panjang2 itu dr baking powdernya. Untuk mengetes baking powder masih aktif gaknya bisa dimasukkan air, kalau berbuih berarti masih aktif. Kalau fermipan masukin ke air+gula, jika beberapa saat kemudian berbuih berarti aktif.
  12. Dah gitu aja, yang pasti enak..
  13. Eh, lagi.. 😁 kalau gak suka susu bisa diganti santan. Yang pasti, yang paling berpengaruh enak gaknya kue satu ini adalah banyaknya margarin, susu/santannya..
  14. Dan benar² udah, gitu ajahh…

Resep milik Ibu Fatmah Bahalwan ini udah jadi. Edisi kue pukis kali ini kue pukis pandan irit telur teksturnya lembut, mengembang, gurih dan harum. Resep ini cocok banget deh buat jualan bukan Gak ada bosennya sama kue pukis, yang original aja enak apalagi kue pukis pandan hmm pasti lebih enak. Edisi kue pukis kali ini kue pukis pandan irit. Tetapi yang pasti hampir di semua daerah di Indonesia, kue pukis dengan gampang ditemui.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pukis nangka/pancong pasti menul hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *