Cara Mudah Memasak Donat Kampung, Bikin Ngiler

  • 3 min read
  • May 10, 2021

Bosen dengan makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep donat kampung ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Hadirkan donat kampung untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Banyak orang malas mulai memasak donat kampung karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat kampung! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Donat kampung adalah camilan atau makanan ringan yang berbentuk bulat dan bolong ditengah dengan rasanya yang enak. Baca juga : Cara Membuat Donat Ubi Ungu Demikian ulasan tentang langkah-langkah resep cara membuat donat kampung renyah dan praktis untuk sajian resep bunda. Marketed under the Kampung Utami brand (DKU Donuts Indonesia), the donut product is widely known abroad.

Teman-teman dapat menghidangkan donat kampung hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep donat kampung!

Untuk menyiapkan Donat Kampung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bahan A :.
  2. Diperlukan 500 gr of terigu segitiga.
  3. Dibutuhkan 2 of kuning telur.
  4. Siapkan 6 gr of fernipan / ragi.
  5. Sediakan 60 gr of gula.
  6. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  7. Dibutuhkan 1 sacet of susu bubuk.
  8. Diperlukan of Bahan B :.
  9. Diperlukan 250 ml of air (bisa ditambah atau dikurangi tergantung adonan).
  10. Dibutuhkan of Bahan C :.
  11. Dibutuhkan 60 gr of Mentega.
  12. Diperlukan of Minyak untuk menggoreng.

Turnover is hundreds of millions of rupiah a month. Starting from a hobby of making cakes, Rosidah Widya Utami has now succeeded in developing the business of making donuts under the brand of Donat Kampung Utami (DKU). Donat memang kesukaan anak-anak saya tak kiralah di letak topping atau cukup ditabur dengan gula icing sahaja. Membuatnya pula tidaklah sesukar mana, apalagi jika guna resipi asas seperti donat kampung ini.

Cara membuat Donat Kampung:

  1. Saya menggunakan mixer kalau tidak ada mixer adon dengan tangan juga gak papa kok 😊.
  2. Masukan bahan A ke baskom mixer kalau tidak ada baskom biasa, nyalakan speed terendah untuk mengaduk bahan. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit naikan speed mixer..
  3. Setelah rata, masukan mentega sidikit demi sedikit. Setelah rata aduk adonan beberapa menit agar rata. Matikan mixer. Kalau belum rata aduk menggunakan tangan ya..
  4. Siapkan roti anti lengket / kertas minyak yang sudah dipotong kecil2 untuk tatakan adonan donat..
  5. Timbang adonan 30gr lalu bulat kan sampai adonan di baskom habis ya. Diamkan 15 menit..
  6. Setelah 15 menit. Sediakan baskom isi terigu sedikit saja untuk menggulingkan adonan bulat, ambil adonan ditatakan yang sudah di bulati lalu celup bagian atas dan bawah adonan ke terigu lalu lubangi tengahnya lalu letakkan lagi ditatakan. Ulangi sampai adonan ditatakan sudah dilubangi semua..
  7. Diamkan sekitar setengah jam hinggal adonan memgembang dan mulus (jika adonan saat dilubangi terlihat tidak mulus tidak papa nanti saat proses proofing akan mulus dengan sendirinya 😊).
  8. Panaskan minyak dengan api kecil saja agar donat matang dan tidak gosong. Goreng donatnya jangan banyak-banyak ya atau berhimpitan agar panas minyak merata dan donat matang maksimal. Goreng denga. Minyak yang banyak 😁😁.
  9. Goreng donat hingga matang, caranya jangan dibolak balik. Diamkan satu sisi hingga matang batu dibalik. Lalu tiriskan dan diamkan hingga dingin dan donat siap di hias atau diberi toping 😊😊.
  10. Selamat mencoba 🥰🥰.

Ianya tidak menggunakan telur tetapi tetap naik gebu. Bahan-bahan yang digunakan pun semua ada didalam dapur rumah kita. Nah, donat kampung yang empuk dan menggoda bisa Anda nikmati setiap saat. Donat pisang yang gurih dan legit ini akan sangat cocok dinikmati saat sarapan atau sebagai pencuci mulut setelah makan Ladies. Donat ini begitu lembut dan juga lezat serta akan memanjakan lidahmu.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat donat kampung hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.