Cara Gampang Memasak Donat Jadoel, Enak Banget

  • 2 min read
  • Jan 23, 2021

Coba resep donat jadoel sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! donat jadoel adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Kebanyakan orang sudah minder duluan donat jadoel karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat jadoel! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Sebenarnya, nih, donat bahannya standar dan nggak mahal, tapi yang ribet adalah variasi topping-nya. Yuk, bikin Donat Jadoel dengan taburan gula, meses, dan keju. Bahan Donat jadoel toping keju. tepung terigu aku pake segitiga biru, fermipan, garam, gula pasir, telur, margarin, Air, Keju parut Dessy Fitriani Musyul.

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat menyiapkan donat jadoel hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep donat jadoel!

Untuk menghidangkan Donat Jadoel, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 350 gr of Terigu.
  2. Sediakan 200 ml of Susu Cair.
  3. Dibutuhkan 1 butir of Telur Ayam.
  4. Ambil 1 sdt of Ragi Instant.
  5. Sediakan 5 sdm of Gula.
  6. Ambil 1/2 sdt of Garam.
  7. Ambil 50 gr of Margarin/Mentega.
  8. Ambil 15 sdm of Gula Halus.

Tapi asli ya tekstur donat kentang itu. Donat jadoel toping keju. tepung terigu aku pake segitiga biru, fermipan, garam, gula pasir, telur, margarin, Air, Keju parut Dessy Fitriani Musyul. Tapi asli ya tekstur donat kentang itu. Donat jadoel yang tdk pernah terganti 😍😍🤤🤤.

Proses menyiapkan Donat Jadoel:

  1. Campurkan terigu, garam, gula dan telur ayam. Sisihkan..
  2. Panaskan susu cair sampai hangat, lalu tambahkan gula dan ragi instant. Aduk rata, tunggu sekitar 5 menit hinggat berbusa..
  3. Setelah cairan berbusa, tambahkan ke dalam tepung kering tadi. Aduk sampe agak rata, jika sudah lanjutkan menggunakan tangan. Uleni sampai agak kalis..
  4. Tambahkan margarin kedalam adonan donat, ulen lagi sampai adonan donat kalis elastis sekitar 10-15menit..
  5. Setelah adonan kalis, tutup menggunakan kain bersih selama 1jam agar adonan mengembang 2x lipat. Jika sudah mengembang, kempeskan adonan. Uleni lagi sekitar 2 menit..
  6. Ambil adonan lalu timbang agar sama rata berat dan sizenya, sekitat 40gr. Setelah ditimbang, bulat-bulatkan adonan dan diamkan selama 5 menit di alas..
  7. Jika sudah didiamkan, ambil satu adonan dan pipihkan. Setelah itu cetak dengan pencetak donat..
  8. Lakukan sampai semua adonan habis ya, lalu diamkan lagi selama 30 menit agar adonan mengembang lagi..
  9. Setelah didiamkan, donat siap digoreng. Goreng menggunakan api kecil saja agar tidak gosong. balik-balik lalu angkat..
  10. Tunggu hingga agak dingin, lalu lapisi dengan gula halus. Rasanya empuk karena ada telurnya, terus luarnya juga garing ena hehe 🥺 Oiya toppingnya bisa apa aja ya, karena judulnya donat jadoel jadinya ya pake gula halus biar authentic 😂 Selamat mencoba ya❤️.

Dari zaman masih kerja di kompleks RMI sampai sekarang kalau beli donat selalu dunkin karena tau sendiri kualitas donat ini di banding donat merek sebelah. Donat ini selalu fresh from the oven dan bakal di hancurin kalau ga laku. Lihat juga resep Donat bomboloni rasa keju pedas enak lainnya. Here is how you cook it. Lihat juga resep Donat Topping Coklat Keju (Tepung Maizena) enak lainnya!

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat donat jadoel. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *