Resep: Soto Ayam Kuah Santan Betawi, Sempurna

  • 3 min read
  • Mar 03, 2021

Sedang mencari resep soto ayam kuah santan betawi yang paling enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto ayam kuah santan betawi terbaik! Makanan soto ayam kuah santan betawi ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Kebanyakan orang tidak berani memasak soto ayam kuah santan betawi karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam kuah santan betawi! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Yuk bunda … Soto ayam betawi kuah santan. Yakin suami suka banget deh.klo aku pake ayam setengah ekor jadi resepnya di. Soto Ayam Kuah Bening dan Santan.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat memasak soto ayam kuah santan betawi hanya dengan menggunakan 31 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto ayam kuah santan betawi!

Untuk membuat Soto Ayam Kuah Santan Betawi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ayam pejantan +- 800gr.
  2. Dibutuhkan 2 lembar of daun salam + air untuk merebus ayam.
  3. Dibutuhkan of Bumbu halus :.
  4. Ambil 5 butir of bawang merah.
  5. Dibutuhkan 4 siung of bawang putih.
  6. Siapkan 2 butir of kemiri.
  7. Gunakan 1 jempol of jahe.
  8. Sediakan 1/4 sdt of jinten.
  9. Diperlukan 1 sdt of ketumbar bubuk.
  10. Ambil 1/2 sdt of merica.
  11. Ambil of Bumbu Cemplung :.
  12. Dibutuhkan 2 lembar of daun salam.
  13. Diperlukan 3 lembar of daun jeruk.
  14. Siapkan 2 ruas of lengkuas.
  15. Siapkan 1 batang of serai geprek simpulkan.
  16. Diperlukan 1 buah of bunga lawang.
  17. Sediakan 4 buah of cengkeh.
  18. Diperlukan 4 cm of kayumanis.
  19. Gunakan Secukupnya of margarin.
  20. Ambil 1.5 keping of gula peti kecil (yg buat bikin sayur yah).
  21. Sediakan of Garam, penyedap rasa.
  22. Gunakan secukupnya of Air.
  23. Sediakan 2 buah of santan kara kecil.
  24. Sediakan of Bahan Pelengkap :.
  25. Diperlukan of Kentang goreng.
  26. Sediakan Irisan of bawang daun.
  27. Sediakan Irisan of tomat sayur.
  28. Gunakan of Bawang merah goreng.
  29. Ambil of Kerupuk.
  30. Ambil of Sambal rawit.
  31. Siapkan of Jeruk nipis.

Sotomie Ayam Asli Bogor Lengkap Dengan Nasi Putih. Nanti hasilnya jadi olahan soto betawi santan tanpa susu. Sajikan selagi hangat untuk rasa soto yang super nikmat. Daging dan jeroan sapi bisa diganti ayam, kreasi soto betawi dengan potongan ayam ini disebut resep soto betawi ayam.

Cara menyiapkan Soto Ayam Kuah Santan Betawi:

  1. Cuci bersih ayam. Rebus dengan daun salam, penyedap rasa dan merica sampai ayam empuk. Suwir2 dagingnya..
  2. Blender bumbu halus. Lalu tumis dengan daun salam dan daun jeruk sampai bumbu matang..
  3. Didihkan air di panci tambahkan santan. Aduk-aduk. Masukkan bumbu halus yg sudah ditumis dan bumbu cemplung yg lain. Masukkan daging ayam suwir..
  4. Masukkan gula, garam, penyedap dan margarin. Koreksi rasa..
  5. Penyajian : siapkan kentang goreng di mangkuk, siram dengan soto ayam betawi, beri irisan daun bawang, irisan tomat sayur, bawang goreng. Santap dengan perasan jeruk nipis dan sambal rawit. Nyam nyaaamm syegaarrr 😋😋😋.

Kemudian penggunaan santan dan susu juga bisa di skip, sehingga menjadi olahan resep soto betawi bening. Ada Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Jawa, Soto Medan yang disajikan dengan kuah bening ataupun bersantan. Soto Betawi sendiri merupakan makanan khas daerah Jakarta yang memiliki ciri khas menggunakan campuran santan dan susu sebagai kuahnya. Soto Betawi juga lebih lengkap di antaranya pala, jintan, ketumbar dan kemiri. Soto betawi ayam kuah susu santan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto ayam kuah santan betawi hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *