Resep: Soto Ayam Kuah Santan/Soto Ayam Betawi Simpel, Enak Banget

  • 3 min read
  • May 13, 2021

Ingin tau rahasia memasak soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel yang enak? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel terbaik! Hidangan soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Banyak orang sudah minder duluan soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar masakan yang dibikin tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Namun untuk kuahnya saya tambahkan santan. Si kecil dan suami gak kompalain. Beberapa bahan disesuaikan seperti penggunanan kunyit saya pake kunyit hasil tanam sendiri.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat menghidangkan soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel hanya dengan menggunakan 29 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel yuk!

Untuk menyiapkan Soto Ayam Kuah Santan/Soto Ayam Betawi Simpel, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 250 gram of dada ayam.
  2. Diperlukan 1 batang of wortel.
  3. Dibutuhkan Secukupnya of kubis/kol.
  4. Siapkan 1 mangkuk kecil of tauge.
  5. Dibutuhkan 1 bungkus of bihun.
  6. Sediakan 5 biji of tahu yg sudh d goreng.
  7. Dibutuhkan 3-4 of lontong yg sudah jadi.
  8. Sediakan 2 butir of tomat kecil.
  9. Dibutuhkan secukupnya of Bawang goreng.
  10. Gunakan 1 batang of daun bawang dan seledri.
  11. Diperlukan 1 butir of jeruk limao.
  12. Ambil 2 iris of kelapa utk santan.
  13. Dibutuhkan of # BUMBU HALUS #.
  14. Dibutuhkan 1/3 jari of utk kunyit.
  15. Gunakan 5 siung of bawang merah.
  16. Sediakan 4 siung of bawang putih.
  17. Siapkan 2 buah of cabe merah.
  18. Dibutuhkan 1 sdt of ketumbar bubuk.
  19. Siapkan 4-5 buah of kemiri.
  20. Ambil Sedikit of jahe.
  21. Siapkan of # BUMBU LAINYA #.
  22. Ambil 2 lembar of daun jeruk.
  23. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  24. Ambil of Lengkuas geprek.
  25. Sediakan of Serei geprek.
  26. Gunakan of Garam.
  27. Dibutuhkan of Kaldu jamur.
  28. Ambil Sedikit of gula.
  29. Dibutuhkan of Lada bubuk.

Soto salah satu masakan Indonesia yang. Soto ayam sebagai variasi resep masakan simpel dan mudah Sebagai salah satu ikon kuliner Indonesia, keberadaan soto ayam memang sudah tidak diragukan lagi. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan. Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu.

Cara memasak Soto Ayam Kuah Santan/Soto Ayam Betawi Simpel:

  1. Siapkan semua bahan, dan Bumbu halus(cabe merah nggk k foto),,lalu cuci ayam, ambil daging nya, dan tulang nya d potong"menjadi beberapa bagian lalu iris serong wortel,dan iris kubis/kol…
  2. Parut kelapa lalu peras saring dengan air kira"500 ml atau lebih (saya tdk pakai ukuran ml) lalu Rendam bihun dalam air mendidih lalu angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan wajan,beri minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum lalu masukan serei, lengkuas, daun jeruk, daun salam, tumis lagi sebentar lalu masukan daging ayam beserta potongan tulangnya lalu tumis sebentar, Beri air santan (kalo air nya gk ckup bleh d tambhakan ya mom),aduk pelan sampai menguap lalu masukan wortel, tauge,garam,kaldu jamur,gula,lada bubuk,masak sampai kira"10 menit..lalu angkat daging ayamnya saja yah (biarkan tulangnya d dlam kuah santan)beri daun bawang,seledri.
  4. Goreng daging Ayam sebentar…lalu siapkan lontong, bihun,tomat, jeruk limao, daging ayam, irisan daun bawang,irisan kubis,tahu goreng,bawang goreng.
  5. Siapkan mangkuk, iris lontong k dalam mangkuk, lalu beri sedikit bihun, kubis, irisan tahu, suwiran daging ayam, Lalu beri kuah santan,,hiasi dengan irisan tomat, jeruk limao, daun bawang, bawang goreng….Sajikan selagi hangat… Mantulllll.

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Yuk bunda … Seperti kebanyakan daerah di Indonesia, Medan juga memiliki soto sebagai salah satu kuliner khasnya. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto ayam kuah santan/soto ayam betawi simpel hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.