Resep Soto ayam betawi kuah santan susu yang Menggugah Selera

  • 3 min read
  • Jan 09, 2021

Ingin masak soto ayam betawi kuah santan susu yang nikmat? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto ayam betawi kuah santan susu terbaik! soto ayam betawi kuah santan susu, hidangan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Sebagian Besar orang takut mulai memasak soto ayam betawi kuah santan susu karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam betawi kuah santan susu! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Soto betawi ayam kuah susu santan enak lainnya. Nanti hasilnya jadi olahan soto betawi santan tanpa susu. Sajikan selagi hangat untuk rasa soto yang super nikmat.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat soto ayam betawi kuah santan susu hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto ayam betawi kuah santan susu yuk!

Untuk menyiapkan Soto ayam betawi kuah santan susu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1/2 ekor of ayam potong menjadi 8 bagian.
  2. Dibutuhkan 1 sachet of santan kara.
  3. Dibutuhkan 1 sachet of skm (me: frisian flag).
  4. Sediakan of 🌷Bahan halus.
  5. Sediakan 5 siung of bawang merah.
  6. Ambil 5 siung of bawang putih.
  7. Ambil 3 buah of kemiri.
  8. Siapkan 1 sdt of ketumbar.
  9. Gunakan 1 buah of kunyit uk besar.
  10. Siapkan 1/2 buah of potong jahe.
  11. Ambil 2 helai of daun salam.
  12. Ambil 1 buah of sereh geprek.
  13. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  14. Gunakan secukupnya of Gula.
  15. Dibutuhkan sedikit of Mecin.
  16. Gunakan of Minyak utk menumis.
  17. Diperlukan secukupnya of Air.
  18. Dibutuhkan of 🌷Bahan pelengkap.
  19. Sediakan 2 buah of kentang potong kecil.
  20. Gunakan 1 buah of tomat uk besar potong.
  21. Siapkan 5 batang of daun bawang iris.
  22. Sediakan of Jeruk limau (aku pake cuma 2 buah).
  23. Diperlukan of Kecap manis.
  24. Sediakan of Sambal.
  25. Ambil of Emping (aku skip kebetulan ga ada stok).

Daging dan jeroan sapi bisa diganti ayam, kreasi soto betawi dengan potongan ayam ini disebut resep soto betawi ayam. Lihat juga resep Soto Betawi kuah santan susu enak lainnya. Soto ayam betawi kuah santan susu. Mau ikutan kontes menu serba masakan susu,, drpd bingung mending masak ini aja ☺ simple.

Cara menghidangkan Soto ayam betawi kuah santan susu:

  1. Cuci bersih ayam sampe bersih. Sisihkan di wadah terpisah.
  2. Siapkan bahan2 yg dihaluskan. Ulek smua bahan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, jahe sampe halus. Tambahkan sereh dan daun salamnya..
  3. Panaskan minyak di wajan,, lalu tumis smua bahan halus tambahkan air..Masukkan ayam ke dlm tumisan tsb, masak ayam sampe lunak. Setelah matang angkat ayam pisahkan di wadaah terpisah..
  4. Utk kuah sotonya sndri aku masih pake kuah ayam yg tadi udh di tumis ya. Lalu aku masukkan santan dan susunya. Aduk2 rata agar kuah santan dan susunya tdk pecahh. Tambahkan garam, gula, mecin dan tes rasa. Masak sampe mendidih lalu angkat.
  5. Di wajan terpisah aku goreng ayamnya sebentar sampe sedikit coklat. Angkat dan suir2 ayamnya. Kentang yg sudah di potong td di goreng jg ya.
  6. Utk penyajiannya.. Ambil mangkok lalu masukkan ayam, kentang, tomat dan daun bawangnya. Siram kuah sotonya dan tambahkan pula jeruk limaunya. Utk taburan bisa pake bawang goreng dan emping. Tp kbtulan aku abis jd ga pake.. Bisa jg di tambah sambel dan kecapnya ya. Itu sesuai seleraa aja….
  7. Ini enakk bgt di makan pas makan siang bgni, pas lg cuaca mendung manja. Bisa nambah nasi pokoknya endolitaa pisann. Yukk di cobain resepnya.. Bnrn simpelll bgt yaa…..

Ennakk di mkn pas lg musim ujan bgni. Soto betawi ayam kuah susu santan. Masih edisi #dirumahaja explore dapur aja lah biar gak bosen hehe Amalia Syafitri. Karena belum pahan cara masak daging jadi diganti ayam aja deh. Soto Betawi susu dan soto Betawi kuah santan, tentunya memiliki cita rasa khas yang berbeda, santan dan susu, keduanya mungkin memberikan rasa gurih, namun tetap saja rasanya akan berbeda satu sama lainnya jika dimasukkan ke dalam resep.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto ayam betawi kuah santan susu hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *