Resep Donat Kampung/Jadul (eggless)🍩🍩 Anti Gagal

  • 2 min read
  • Aug 16, 2021

Jenuh sama sajian makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩 ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Sajian donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩 ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Banyak orang malas mulai memasak donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩 karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Donat jenis ini biasa ditemui di kampung-kampung sebagai makanan rakyat. Sebut saja resep donat kentang, donat madu, donat kampung atau donat goreng. Tetapi memang kalau dilihat, tekstur dan citarasa resep kue donat Untuk membuat donat JCO, memang ada tepung khusus yang biasa digunakan supaya hasilnya lembut dan empuk di dalamnya, yaitu tepung komachi.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menyiapkan donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩 hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩 yuk!

Untuk menyiapkan Donat Kampung/Jadul (eggless)🍩🍩, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of bahan A:.
  2. Sediakan 300 gr of tepung cakra.
  3. Sediakan 100 gr of tepung segitiga.
  4. Diperlukan 2 sdt of ragi.
  5. Sediakan 1/2 sdt of baking powder.
  6. Dibutuhkan 40 gr of gula pasir.
  7. Diperlukan 40 gr of kental manis.
  8. Ambil 200-220 ml of susu cair(bisa jg pake air).
  9. Diperlukan of bahan B:.
  10. Siapkan 1/2 sdt of garam.
  11. Ambil 50 gr of margarin.

Donat berbentuk montok dengan topping sederhana seperti gula bubuk, meises coklat warna-warni, dan parutan keju ini sukses membawa saya bernostalgia ke jaman dahulu kala. Dengan resep ini, anda bisa menghadirkan donat jadul namun dengan rasa yang jauh lebih enak! Kalian suka donat? yuk, coba berbagai resep donat ini. Mulai dari cara buat donat yang empuk hingga donat ala Jco, dan donat kentang.

Langkah-langkah menyiapkan Donat Kampung/Jadul (eggless)🍩🍩:

  1. Campur bahan kering dibahan A lalu aduk rata,masukan kental manis dan susu cair secara perlahan sambil diuleni hingga adonan kalis(cairan bisa ditambah/dikurangi sesuai kebutuhan adonan) masukan bahan B lanjutkan mengulen hingga kalis elastis.
  2. Setelah kalis elastis bagi² adonan lalu bulatkan hingga halus dan licin,ambil bulatan yg pertama dibulatkan lalu pipihkan dan lubangi tengahnya(aku pake tutup botol pewarna makanan merk kupu²) lakukan hingga selesai,diamkan hingga adonan mengembang dan ringan.
  3. Panaskan minyak agak banyak lalu goreng dengan api kecil hingga matang,sekali balik saja ya biar gak nyerep minyak.
  4. Angkat dan tiriskan sampai dingin/hangat lalu beri toping sesuai selera.
  5. Ini yg donat gula aka donat mbeluuuks 😂.

Terlepas dari berbagai tren donat yang lembut dan fluffy seperti donat kentang atau donat Jco, kadang tak bisa dipungkiri kita juga merindukan donat kampung. Siapa yang bisa menolak donat dengan aneka topping-nya? Daripada beli, nih, mending belajar membuat resep donat mudah ini. Nah, kenikmatan itu bisa kamu cicipi pada resep donat jadul gula dengan twist yang unik dan wangi! Donat adalah camilan yang nggak pernah ada matinya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat donat kampung/jadul (eggless)🍩🍩 hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.