Cara Memasak Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir), Sempurna

  • 3 min read
  • Feb 01, 2021

Ingin masak soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) yang lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) terbaik! Sajian soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Sebagian Besar orang malas mulai memasak soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir)! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Masukan daging ayam kampung sambil diaduk-aduk sebentar, kemudian tambahkan air secukupnya. Jika daging ayam sudah matang dan terasa empuk, angkat. Masukan kembali suwiran daging ayam ke dalam panci berisi kaldu, lalu didihkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) hanya dengan menggunakan 31 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) yuk!

Untuk memasak Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of ayam kampung potong 8-10 potong.
  2. Gunakan 1 buah of wortel iris tipis.
  3. Ambil 65 ml of santan instant.
  4. Diperlukan 220 ml of susu cair full cream.
  5. Sediakan 700 ml of Air.
  6. Dibutuhkan of Minyak sedikit utk menumis.
  7. Sediakan 5 lembar of daun jeruk (buang tulang daunnya).
  8. Gunakan 3 lembar of daun salam.
  9. Diperlukan 2 batang of sereh digeprek.
  10. Siapkan 1 ruas of langkuas digeprek.
  11. Sediakan 1 bungkus of bumbu instan soto betawi (biar lebih sedep aja).
  12. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  13. Siapkan of Kaldu bubuk secukupny.
  14. Siapkan of Bumbu halus :.
  15. Ambil 8 of sium bawang merah.
  16. Diperlukan 5 of sium bawang putih.
  17. Sediakan 1 ruas of kunyit.
  18. Ambil Sedikit of jahe.
  19. Dibutuhkan 1 sdt of ketumbar.
  20. Dibutuhkan 1 sdt of lada.
  21. Sediakan 3 butir of kemiri.
  22. Sediakan of Pelengkap :.
  23. Siapkan of Daun bawang iris tipis.
  24. Sediakan of Kentang, dipotong kemudian goreng.
  25. Diperlukan of Bawang goreng.
  26. Diperlukan of Emping.
  27. Gunakan of Tomat.
  28. Siapkan of Telur rebus.
  29. Gunakan of Sambel goreng enakabe (karena sy mles bkin sambel).
  30. Dibutuhkan of Acar.
  31. Sediakan of Jeruk nipis (sy pake lemon).

Tambahkan irisan kol, seledri dan daun bawang. Ternyate nih, soto ayam betawi bukan Cume di sukai oleh orang Jakarte aje, Melainkan dari luar negeri pun demen banget ame nyang namenye masakan soto ayam betawi. Selaen rasenye nyang gurih dan nikmat, soto ayam betawi juge bikin mata merem melek. Resep Soto daging Ayam Kampung ini merupakan salah satu Resep soto yang paling enak dan mantap.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir):

  1. Cuci bersih ayam beri perasan jeruk nipis atau garam, bilas dgn air bersih..
  2. Rebus ayam dengan air sebanyak 700ml hingga empuk kurg lebih 40 menit.
  3. Haluskan bumbu (sy pk blender😂) kemudian siapkan penggorengan, tuangkan minyak dan tumis bumbu halus berserta daun salam, daun jeruk, sereh dan langkuas. Tumis hingga harum, masukan bumbu instant soto betawi. Aduk rata, hingga harum semerbak😂.
  4. Masukan bumbu yg sudah ditumis kedalam panci berisi rebusan ayam, aduk hingga rata..
  5. Masukan susu cair, aduk rata.
  6. Masukan santan, aduk terus hingga mendidih (kalo ga nanti santannya pecah), masukan garam, kaldu bubuk..
  7. Sampai kuahnya mendidih, koreksi rasa.. jika dirasa sudah pas.. tuang ke mangkok, tata deh dengan bahan pelengkap. Kalau sudah hidangkan selagi hangat…. Semudah itukan ya buatnya… 🥰 Selamat mencoba moms😘.

Tak kalah lezat dari berbagai jenis soto yang ada di Indonesia seperti soto ayam banjar, soto ayam lamongan, soto ayam kudus dan aneka soto khas daerah lainnya. Ada soto Betawi yang menggunakan santan, susu, atau kombinasi keduanya. Paduan keduanya akan menghasilkan kuah soto yang gurih dan sedikit creamy. Berikut ini kami sajikan resep soto ayam Betawi santan susu untuk Anda coba di rumah. Sebenarnya variasi soto ada cukup banyak.

Selamat mencoba resep soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir)! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *