Cara Praktis Memasak Uyen / Talas Goreng yang Enak Banget

  • 2 min read
  • Sep 28, 2021

Uyen / Talas Goreng. Uyen is my most favorite snack ever since childhood. I'm not exactly sure where the word Uyen came about, but my mom said, this snack belongs to the Hakka community. The Indonesian language is called Talas goreng.

Daerah yg (setau sy) terkenal dgn kudapan ini adalah Medan, Bangka, Pontianak. Nah.resep ini pake yg khas Pontianak (asal suamiku). Yg membedakan dgn uyen daerah lain adalah pemakaian kacang tanah goreng di.

Anda sedang mencari inspirasi resep uyen / talas goreng yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal uyen / talas goreng yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari uyen / talas goreng, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan uyen / talas goreng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Uyen is my most favorite snack ever since childhood. I'm not exactly sure where the word Uyen came about, but my mom said, this snack belongs to the Hakka community. The Indonesian language is called Talas goreng.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah uyen / talas goreng yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Uyen / Talas Goreng menggunakan 19 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Uyen / Talas Goreng:

  1. Gunakan 1 kg talas (berat bersih setelah d kupas).
  2. Ambil 100 gr kacang tanah (yg sudah di goreng).
  3. Gunakan 150 gr terigu + 1 sdm maizena.
  4. Ambil 100 ml air.
  5. Gunakan Garam.
  6. Sediakan Kaldu jamur / penyedap rasa.
  7. Gunakan Lada.
  8. Gunakan Bumbu halus:.
  9. Ambil 5 bh bawang putih.
  10. Siapkan 5 bh bawang merah.
  11. Gunakan Bahan saos:.
  12. Gunakan 20 bh cabe merah keriting.
  13. Sediakan 5 bh cabe rawit merah.
  14. Siapkan 3 bh bawang putih.
  15. Gunakan 3 sdm sambal botol.
  16. Ambil 500 ml air.
  17. Gunakan Garam.
  18. Siapkan Gula.
  19. Ambil Perasan jeruk nipis / cuka.

Uyen (talas goreng) Uyen merupakan jajanan tradisional yang berbahan dasar talas. Bahannya simple aj, cara buatnya mudah dan cepat. Lihat juga resep Buyen (Talas Goreng) enak lainnya. Uyen merupakan jajanan tradisional yang berbahan dasar talas.

Cara membuat Uyen / Talas Goreng:

  1. Kupas bersih talas, serut kasar..
  2. Masukkam semua bahan jadi 1. Aduk sampe tercampur rata (jangan over mix nanti talasnya berair).
  3. Ambil adonan secukupnya, bulatkan bantu pakai sendok.. Goreng dgn api sedang sampai coklat keemasan…
  4. Buat saos: blender / ulek cabe keriting dan bawang putih…
  5. Siapkan panci, beri air, masukan ulekan cabe, sambel botol, gula, garam.. Masak sampai matang, biar ga bau/ mentah pakai api kecil yaa… Matikan api. Beri perasan jeruk nipis / cuka. Tes rasa (rasanya harus asem, manis, pedas..).
  6. Note Saus nya ga ke foto haha.. Td keburu gelap fotonya udh mau maghrib soalnya.. Jd resepnya aja ya… Kalo mau pake saos instan jugaa boleeh.
  7. Selamat mencoba ❤.

Bahannya simple aj, cara buatnya mudah dan cepat. Uyen ini kalau digigit bagian luarnya renyah banget, tapi bagian dalamnya agak kenyal, paling enak dinikmati bersama sambal tauco. #berburucelemekemas. Uyen adalah salah satu kudapan nusantara berupa Talas goreng. Beberapa daerah yang terkenal dengan kelezatan panganan ini adalah Medan, Bangka, dan Pontianak. Untuk resep Uyen kali ini yg khas Pontianak.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat uyen / talas goreng yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *