Resep: Roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) Anti Gagal

  • 2 min read
  • May 23, 2021

Ingin bikin roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) yang lezat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) terbaik! roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) cocok untuk disandingkan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin meriah.

Sebagian Besar orang takut mulai memasak roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Malesnya kumat mau bikin filling homemade 😁. Foto seadanya, udah mendung banget disini, gelap cuy!. Resep roti pake yg biasa yah.

Sobat dapat membuat roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips)!

Untuk menyiapkan Roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 250 grm of tepung terigu protein tinggi (sy komachi).
  2. Diperlukan 2 butir of kuning telur.
  3. Sediakan 1/2 sachet of susu bubuk Dancow.
  4. Sediakan 60 grm of gula pasir.
  5. Siapkan 130 of sampai 150 ml air / susu cair.
  6. Dibutuhkan 1/2 sachet of yeast (sy fermipan).
  7. Diperlukan 50 grm of butter (sy anchor salted butter).
  8. Gunakan of Isian :.
  9. Gunakan of Filling coklat (sy pakai elmer chocolate).
  10. Diperlukan of Toping :.
  11. Dibutuhkan of Messes Ceres.
  12. Sediakan of Olesan.
  13. Ambil 1 butir of kuning telur.
  14. Ambil secukupnya of Susu cair.

Lihat juga resep Roti Sobek Menul (Oven tangkring) enak lainnya. Pengaturan suhu tersebut diatas berlaku ideal, artinya belum tentu di oven kita berlaku suhu seperti tertulis di atas. Oven Tangkring atau Oven Gas cenderung lebih panas daripada oven listrik. Mulai dari roti, kue, ikan, hingga ayam.

Langkah-langkah menghidangkan Roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips):

  1. Siapkan bahan yang digunakan, dan timbang sesuai resep.
  2. Karena saya menggunakan metode Autolysis jadi campur semua bahan roti menjadi 1 kecuali yeast dan butter, diamkan semalaman atau selama 8jam. Dalam baskom yang ditutup dengan serbet.(suhu ruang).
  3. Setelah 8 jam larutkan ragi dengan sedikit air hangat campur kedalam adonan tabur sedikit tepung agar tidak terlalu lengket, setelah tercampur rata tambahkan butter uleni sampai rata sekitar 5 menitan adonan sudah kalis.
  4. Istirahatkan selama kurang lebih 60 menit sampai mengembang 2x lipat, sesuai suhu ruangan juga mempengaruhi jika suhu panas saat siang hari proses proofing akan lebih cepat.
  5. Setelah mengembang kempiskan adonan dan buang gas pada adonan, kemudian timbang seberat 50gr. Proofing kembali sampai mengembang 2x lipat sekitar 45 sampai 60 menit..
  6. Setelah mengembang panaskan oven terlebih dahulu, oles permukaan roti dengan kuning telur yang dicampur susu cair lalu tabur messes coklat, oven selama 15 menit..
  7. Roti sobek coklat siap dihidangkan, selamat memcoba 😊.

Selain penggunaannya yang mudah, kapasitasnya pun cukup besar untuk memanggang roti sobek dalam jumlah banyak. Secara oven tangkring saiyya gak ada pengatur suhunya. Tapi terkadang karakter setiap oven berbeda-beda, jadi harus mengenali karakter oven masing-masing yaa. Teksturnya berserat halus loh, kayak roti yang dijual dipasaran. Waktu pemanggangan Suhu dan waktu pemanggangan ditentukan dari percobaan dan tergantung dari jenis roti yang dipanggang.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat roti sobek coklat (oven tangkring beserta tips) hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.