Aneka Resep: Jengkol balado (pedas manis) yang Enak Banget

  • 2 min read
  • Apr 26, 2021

Ingin memasak jengkol balado (pedas manis) yang lezat? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep jengkol balado (pedas manis) terbaik! jengkol balado (pedas manis), makanan mudah dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Banyak orang sudah menyerah duluan jengkol balado (pedas manis) karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari jengkol balado (pedas manis)! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Balado jengkol pedas campur telur sudah siap dinikmati. Nikmati dengan sepiring nasi hangat dan tambahan kerupuk agar semakin sedap. ( Baca juga : Resep dan Cara Membuat Tumis Kacang Merah Bumbu Pedas yang Lezat) Resep dan Cara Membuat Balado Jengkol Khas Padang Nikmat. Rasa pedas tersebut tercampur dengan aroma khas dari jengkol.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat membuat jengkol balado (pedas manis) hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin jengkol balado (pedas manis) yuk!

Untuk membuat Jengkol balado (pedas manis), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/4 of jengkol yg tua ya pilihnya biar empuk gt.
  2. Siapkan 3 biji of bawang putih.
  3. Gunakan 5 biji of bawang merah.
  4. Sediakan of Tomat (sesuai selera akusih pake 1/2nya aja).
  5. Diperlukan sesuai selera of Cabe rawit dan cengek domba.
  6. Siapkan secukupnya of Terasi.
  7. Diperlukan of Garam.
  8. Sediakan of Penyedap rasa (aku pake royco lebih enak kenapa ya hihi).
  9. Sediakan of Gula merah.

Namun setelah mengonsumsinya, pastikan Anda sikat gigi. Pasalnya bau jengkol tersebut bisa membuat orang di sekitar kita menghindar. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Indonesia satu ini, berikut kami sajikan resep. Jengkol Balado rasa pedas siap disajikan sebagai lauk nasi putih.

Proses menyiapkan Jengkol balado (pedas manis):

  1. Goreng dulu bahan baku utamanya.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, terasi, cabe, dan cengek domba nya.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan dan tambah garam, penyedap rasa, tambahkan gula merah sambil koreksi rasa(aku lebih prefer rasanya manis pedees gt).
  4. Tambahkan air sedikit lalu masukan jengkol nyaaa, ini belum di masukaan ya hehe ga sempet foto😭.
  5. JAAAADI DEEEEH HEHEHE kaya kentang katanya😂tp empuk bgt yaallah pengen lagiiiii😭.

Cara membuat Jengkol Balado khas Padang diatas memang sangat mudah. Namun ada satu masalah yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita setelah mengonsumsi sajian Jengkol Balado yaitu bau mulut yang tidak sedap. Tambahkan gula pasir dan kecap manis, aduk-aduk kembali, masak hingga kuah mengental. Sajikan dalam mangkuk, jengkol balado telah siap dinikmati! Lihat juga resep Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda enak lainnya.

Mudah bukan membuat jengkol balado (pedas manis)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *