Aneka Resep: Donat kampung (kentang), Enak

  • 2 min read
  • Mar 20, 2021

Coba resep donat kampung (kentang) sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan donat kampung (kentang) untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Kebanyakan orang takut mulai memasak donat kampung (kentang) karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat kampung (kentang)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dibikin tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Rasanya lebih lezat, dan enak dimakan begitu saja. Kalau lebih dari sekali resiko donat dimakan dengan after taste pahit. Cara Membuat Donat Kentang – Donat merupakan salah satu kue atau cemilan yang sangat Mulai dari warung kecil di sudut-sudut kampung sampai mall megah di kawasan perkotaan, selalu saja.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat menghidangkan donat kampung (kentang) hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin donat kampung (kentang) yuk!

Untuk menyiapkan Donat kampung (kentang), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 125 gr of kentang (kurleb 1 buah agak besar).
  2. Gunakan 250 gr of tepung cakra.
  3. Sediakan 1 of bt kuning telor.
  4. Diperlukan 50 gr of margarine.
  5. Ambil 2 sdm of gula pasir.
  6. Dibutuhkan 2 sdm of susu bubuk.
  7. Dibutuhkan 1 sdm of fermipan / setengah sachet.
  8. Ambil 100 ml of air dingin.
  9. Ambil secukupnya of Garam.
  10. Siapkan of Gula halus buat bedakan.

Donat kentang berbahan dasar tepung kentang/ kentang rebus dan tepung terigu. KOMPAS.com – Cara membuat donat kentang sendiri sebenarnya cukup sederhana. Donat memang sudah menjadi makanan manis favorit yang tidak pernah lenyap dari zaman. Kocok hingga gula merata ke seluruh bagian.

Proses menghidangkan Donat kampung (kentang):

  1. Kukus kentang,haluskan selagi panas lebih gampang,sisihkan.
  2. Campur tepung,susu bubuk,gula pasir,fermipan,garam,margarin dan kuning telur aduk merata.
  3. Masukkan kentang,sambil di uleni beri air dingin sedikit demi sedikit. Uleni terus sampai tidak lengket (perjuangan 😅).
  4. Setelah adonan kalis tutup dengan kain atau plastik wrap,diamkan sampai mengembang 2x lipat kurleb 30menit..
  5. Kempeskan adonan kembali sedikit di uleni bagi adonan masing2 30gr.
  6. Bentuk adonan satu persatu,gilas terlebih dahulu untuk membuang udara dalam adonan kemudian bentuk bulat pipihkan cetak biar pinggirannya rapih (sy pakai gelas plastik) lubangi tengahnya (sy pakai belakangnya spuit) sudah seperti bentuk donat yang dijual2 😂.
  7. Diamkan kembali sampai donat mengembang lagi.
  8. Panaskan wajan minyak banyak kurleb cukup agar donat melayang,api kecil saja. Goreng donat,ketika masuk putar2 lubang donat agar lubangnya tidak mengecil (sy pakai sumpit).
  9. Balik donat cukup sekali saja biar white ring terbentuk. Bila warna sudah kecoklatan angkat dan tiriskan.
  10. Tunggu donat dingin kemudian digulung di gula pasir..

Selesai, donat kentang kampung siap disajikan! Resep Donat Kentang – Menikmati hidangan yang spesial pada akhir pekan merupakan suatu momen yang sangat nikmat terlebih lagi jika bersama keluarga. Salah satu hidangan yang dapat dipilih adalah. Umumnya, donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega, dan gula. Namun, tak jarang banyak juga yang mengganti tepung terigu dengan kentang.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat donat kampung (kentang) hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *