Resep Siomay ikan sarden kalengan yang Lezat Sekali

  • 2 min read
  • Feb 10, 2021

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep siomay ikan sarden kalengan ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! siomay ikan sarden kalengan adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Pada umumnya orang takut mulai memasak siomay ikan sarden kalengan karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari siomay ikan sarden kalengan! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dihasilkan terasa enak. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selain enak dan praktis untuk dimasak, ikan sarden juga mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Tapi karena makanan kalengan itu sebaiknya tidak sering dikonsumsi, jadi saya hanya memasak sarden kalengan pada saat mendesak saja, misalnya ketika bangun sahur kesiangan. Agar rasanya lebih enak, saya biasanya berkreasi dengan olahan sarden.

Sobat dapat menghidangkan siomay ikan sarden kalengan hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin siomay ikan sarden kalengan yuk!

Untuk menyiapkan Siomay ikan sarden kalengan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 kaleng of sarden ukuran kecil.
  2. Diperlukan 200 gram of tepung terigu.
  3. Dibutuhkan 100 gram of tepung tapioka.
  4. Ambil 1 sendok teh of garam.
  5. Siapkan 1/2 sendok teh of kaldu bubuk.
  6. Gunakan 1 sendok teh of bawang putih halus / bubuk.
  7. Siapkan 1/2 sendok teh of lada bubuk.
  8. Gunakan 1/4 sendok teh of jahe bubuk (optional).
  9. Ambil Secukupnya of daun bawang diiris tipis.
  10. Dibutuhkan Secukupnya of air panas mendidih.

Selain ikan segar kita juga bisa mengonsumsi ikan kalengan atau yang lebih kita kenal dengan nama ikan sarden. Ikan sarden ini adalah olahan ikan makarel yang sudah dilakukan proses pemasakan sebelumnya. Biasanya ikan-ikan ini sudah diberi bumbu berupa saus cabai atau saus tomat di dalamnya. Meskipun begitu, di dalam ikan sarden kalengan biasanya memiliki kandungan purin meskipun kadarnya tidak sebesar makanan laut lainnya atau jeroan.

Cara memasak Siomay ikan sarden kalengan:

  1. Siapkan wadah, masukkan ikan sarden kaleng (tanpa sausnya) kedalam wadah, hancurkan dgn menggunakan garpu.
  2. Masukkan garam, kaldu bubuk, lada bubuk, jahe bubuk, bawang putih halus, aduk rata. Tambakan tepung terigu dan tepung tapioka, kemudian masukkan daun bawang iris aduk kembali hingga rata..
  3. Masukkan air yg mendidih sedikit2 sambil diaduk dengan spatula. Aduk sampe adonan bisa di bulatkan..
  4. Bentuk adonan siomay sesuai selera (kalo saya bulat). Sembari membentuk siomay, siapkan kukusan..
  5. Kukus siomay kurang lebih 20 menit. Lalu angkat, dan sajikan dengan bumbu kacang, kecap dan saus sambal. (Saya menggunakan bumbu kacang instant merk enak echo). Selamat mencoba.

Bagi penderita asam urat , sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi ikan sarden kalengan demi mencegah gejala kesehatan yang tidak diinginkan. Ikan sarden tersebut sudah diolah, dimasak, dan diberi pengawet lalu dimasukkan dalam kaleng tertutup rapat. Jika belum dibukan, ikan sarden kalengan dapat bertahan lama bahkan sampai berbulan-bulan. Ikan salmon, makarel, dan sarden kalengan punya kualitas yang sama baiknya seperti ikan segar. Makanan siap saji yang dikalengkan, seperti ikan tuna, ikan salem, sarden atau sosis kalengan, memang sengaja dibuat untuk dikonsumsi secara langsung.

Mudah bukan membuat siomay ikan sarden kalengan? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *