Resep: Siomay Tenggiri Ayam Anti Gagal

  • 3 min read
  • Jan 05, 2021

Lagi cari resep siomay tenggiri ayam yang paling enak? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep siomay tenggiri ayam terbaik! Hadirkan siomay tenggiri ayam untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Sebagian Besar orang tidak berani memasak siomay tenggiri ayam karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari siomay tenggiri ayam! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibikin tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Akan tetapi, untuk jenis siomay yang akan kami buat ini merupakan siomay yang terbuat dari daging ayam sehingga dimanakan siomay ayam. Siomay ayam memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dengan siomay ikan. Buat saja siomay ikan tenggiri yang empuk dan gurih ini.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan siomay tenggiri ayam hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 23 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep siomay tenggiri ayam!

Untuk menyiapkan Siomay Tenggiri Ayam, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 700 Gr of Daging Tenggiri.
  2. Ambil 250 gr of Ayam Fillet.
  3. Ambil 1 of burir telor.
  4. Ambil 8 of bawang merah.
  5. Dibutuhkan 6 of bawnang putih.
  6. Gunakan 1 sdt of merica.
  7. Diperlukan 2 sdm of gula pasir.
  8. Diperlukan 1 of /2 sdt garam.
  9. Sediakan 2 sdm of kaldu ayam bubuk.
  10. Gunakan 1 buah of labu besar.
  11. Gunakan 100 gr of tepung.
  12. Diperlukan 200 gr of es batu.
  13. Dibutuhkan of Bahan pelengkap.
  14. Dibutuhkan 2 of tahu padet besar.
  15. Dibutuhkan 1 of pare.
  16. Ambil 3 of kentang besar.
  17. Dibutuhkan 1 of kol.
  18. Ambil 15 of kulit pangsit.
  19. Dibutuhkan 10 of telor rebus.
  20. Gunakan of Bumbu kacang.
  21. Dibutuhkan of Kecap manis.

Enak dimakan hangat dengan cocolan saus kacang dan kecap manis. Siomay merupakan salah satu jenis dumpling atau dim sum.. Berbeda dengan Cina, cara membuat siomay dimsum dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis olahan siomay yang menggugah selera. Mulai dari siomay ikan tenggiri, siomay ayam, siomay udang, siomay ayam dan juga siomay sayuran.

Cara memasak Siomay Tenggiri Ayam:

  1. Potong potong daging tenggriri dan ayam.
  2. Kupas bawang merah dan bawang putih.
  3. Kupas, potong jadi 6 dan kukus labu siam.
  4. Ambil Food prosesor, masukkan labu kukus, ikan tenggiri, ayam, bawang merah dan bawang putih, chopper kasar bahan.
  5. Masukkan es batu, garam, gula, merica, kaldu bubuk, chopper lagi.
  6. Masukkan telor dan tepung chopper kurleb 20 min, sampai adonan tercampur rata.
  7. Potong 1 tahu padet ukuran besar menjadi 6 dan belah 1/2 bagiang dari pojok atas.
  8. Isi tahu dengab adonan.
  9. Ambil kulit pangsit, taro 1 sendok makan adonan kemudian lipet dengan cara dicubit cubit mengenai adonan supaya lengaket memutatar ya mom.
  10. Sisa adonan buat siomay polos bulat, panaskan air hingga mendidih, lumurri kedua tangan dengan minyak goreng, ambi 1,5 sendok makan adonan, bulatkan tapi tidak perlu ditekan biar luarnya tidak terlalu halus, masukkan dalam air dan lakukan hingga habis, setelah air mendidih lagi, angkat siomaynya.
  11. Panaskan kukusan, olesi saringan dengan minyak goreng supaya siomay tidak lengket.
  12. Setelah air mendidih, masukkan siomay pangsit, tahu dan siomay polos, kukus kurleb 30-45 min.
  13. Di tungku satunya kita rebus telor ayam dan kupas.
  14. Potong potong pare, buabg bijinya dan cuci.
  15. Kupas dan potong kentang.
  16. Kol gulung : kol utuh ambil bonggolnya dengab pisau, tusuk membentuk segitiga pinggir pinggir bonggol dengan pisau dan rebus di air mendidih hingga agak layu untuk memudahkan menggulung kolnya.
  17. Angkat kol siram dengan air dingin dan lepaskan lembar demi lembar dan gulung yang rapi.
  18. Setelah siomay matang, kita kukus telor rebus, kentang, siomay dan kol, kurleb 30 min.
  19. Bumbu kacang menyusul yak mom.
  20. Jika ingin disimpan pastikan semua bener bener dingin dan masukkan kedalam wadah kedap udara dan masukkan ke fresh case.
  21. Coba yuuk mom, dengan adonan tersebut saia punya stock : 15 siomay pangsit, 12 siomay tahu dan 15 siomay bulet polos yang sangat enyak empyuuuk, gurih ikan terasa bangets.
  22. Cobain ya momsay, kalo pinging tinggal kukus ato goreng sebentar, hmmmm….. sajikan pas gerimis gerimis wow makin mantyeeeep mom.
  23. Kalo liat anak dan suami menyantan masakan dengan lahab dan habis tu bikin masaak jadi menyenangkan 😍👌.

Siomay di Indonesia memiliki variasi daging untuk isinya, mulai dari ayam, ikan tenggiri, udang, dan kepiting, lalu dicampur dengan tepung tapioka atau juga sagu. Dapat kiriman ikan tenggiri kok cakep, tapi dirumah yang doyan ikan laut tuh cuma aku. Ya sudah dibuat siomay deh kalo gitu, minimalis saja. Di kulkas cuma ada tahu, jadi pelengkapnya juga cuma tahu. Silakan pakai apa saja sebagai pelengkapnya ya.

Mudah bukan membuat siomay tenggiri ayam? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *