Resep: Dim sum ikan tengiri, siomay tahu yang Enak

  • 3 min read
  • Mar 17, 2021

Bosan sama menu makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep dim sum ikan tengiri, siomay tahu ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! dim sum ikan tengiri, siomay tahu cocok untuk sajian sehari-hari di rumah maupun untuk santapan pesta.

Banyak orang sudah menyerah duluan dim sum ikan tengiri, siomay tahu karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari dim sum ikan tengiri, siomay tahu! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Siomay makanan yang tak pernah membosankan untuk dilahap Resep siomay ala ncc ini, aslinya menggunakan ikan tenggiri,berhubung ikan tenggiri lebih mihil dari ikan kakap jadi saya memilih ikan kakap atau bisa juga dari ikan jenis lainnya untuk lebih menyederhanakan olahan siomay ini. Resep Siomay Ikan Tenggiri Khas Bandung – Siomay atau siomai merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung yang merupakan makanan sejenis dim sum dengan citarasa yang enak dan kenyal. Dalam bahasa Mandarin siomay di sebut dengan shaomai.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menyiapkan dim sum ikan tengiri, siomay tahu hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin dim sum ikan tengiri, siomay tahu yuk!

Untuk menghidangkan Dim sum ikan tengiri, siomay tahu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan adonan:.
  2. Sediakan 250 gr of ikan tengiri giling.
  3. Ambil 1 butir of putih telur.
  4. Siapkan 100 gr of tepung kanji.
  5. Sediakan 1 buah of wortel diserut korek api tipis.
  6. Dibutuhkan 1 batang of daun prei iris tipis.
  7. Sediakan 3 siung of bawang putih, haluskan.
  8. Dibutuhkan secukupnya of Lada bubuk.
  9. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  10. Diperlukan 1 sendok teh of kaldu jamur.
  11. Ambil of Bahan kulit :.
  12. Ambil 15 lembar of kulit pangsit siap pakai.
  13. Dibutuhkan 5 potong of tahu kulit, belah 2 jadi bagian membentuk segitiga.
  14. Siapkan 3 potong of tahu putih, belah 2 jadi bagian membentuk segitiga.
  15. Gunakan of Bahan saus kacang :.
  16. Diperlukan 250 gr of kacang tanah.
  17. Sediakan 7 buah of cabe rawit.
  18. Diperlukan 3 buah of cabe merah.
  19. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  20. Ambil 5 siung of bawang merah.
  21. Diperlukan 100 gr of gula jawa.
  22. Sediakan 1 sendok teh of garam.
  23. Sediakan 1/2 sendok teh of kaldu jamur.
  24. Dibutuhkan secukupnya of Minyak goreng.
  25. Dibutuhkan secukupnya of Air.

Tekstur siomay ini hampir mirip dengan jajanan dari tepung lainnya seperti cilok dan bakso. Dapat kiriman ikan tenggiri kok cakep, tapi dirumah yang doyan ikan laut tuh cuma aku. Ya sudah dibuat siomay deh kalo gitu, minimalis saja. Di kulkas cuma ada tahu, jadi pelengkapnya juga cuma tahu.

Langkah-langkah menyiapkan Dim sum ikan tengiri, siomay tahu:

  1. Siapkan kukusan terlebih dahulu, isi air kemudian panaskan diatas api sedang.
  2. Masukkan semua bahan adonan kedalam wadah, kemudian aduk rata dan sisihkan.
  3. Isikan adonan kedalam kulit pangsit dan tahu yang telah disiapkan kemudian kukus hingga matang.
  4. Untuk membuat saus kacang, siapkan minyak secukupnya kedalam penggorengan, panaskan.
  5. Goreng kacang hingga agak kecoklatan atau matang, kemudian angkat sisihkan.
  6. Kemudian goreng cabe, bawang putih dan bawang merah hingga layu, setelah itu sisihkan.
  7. Masukkan kacang tanah, cabe, bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng tdi kedalam blender beri air secukupnya kemudian dihaluskan.
  8. Setelah bahan saus kacang dihaluskan masak dengan api sedang hingga mendidih, kemudian koreksi rasa.
  9. Dim sum ikan tengiri dan siomay tahu siap disajikan bersama saus kacang.

Silakan pakai apa saja sebagai pelengkapnya ya. Dapat kiriman ikan tenggiri kok cakep, tapi dirumah yang doyan ikan laut tuh cuma aku. Ya sudah dibuat siomay deh kalo gitu, minimalis saja. Di kulkas cuma ada tahu, jadi pelengkapnya juga cuma tahu. Silakan pakai apa saja sebagai pelengkapnya ya.

Selamat mencoba resep dim sum ikan tengiri, siomay tahu! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.