Resep Siomay Ikan Tongkol/Cakalang Anti Gagal

  • 2 min read
  • May 06, 2021

Coba resep siomay ikan tongkol/cakalang sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! siomay ikan tongkol/cakalang cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Kebanyakan orang takut mulai memasak siomay ikan tongkol/cakalang karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari siomay ikan tongkol/cakalang! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Ketika kemudian masuk ke Indonesia, daging babi pun diganti dengan ikan, ayam, udang, atau bahkan kepiting. Adonan pun tak lagi dibungkus kulit tepung terigu, melainkan disajikan langsung di atas piring dengan siraman. Perbedaan bukan hanya terfokus pada penampilan dan cita rasa saja.

Teman-teman dapat menghidangkan siomay ikan tongkol/cakalang hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep siomay ikan tongkol/cakalang!

Untuk memasak Siomay Ikan Tongkol/Cakalang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of ikan tongkol ukuran 1kg.
  2. Siapkan 200 gr of tepung tapioka/sagu.
  3. Sediakan 1 butir of telur.
  4. Ambil 1/2 buah of labu siam kukus.
  5. Siapkan 3 siung of bawang putih.
  6. Dibutuhkan 1 bungkus of merica bubuk.
  7. Gunakan Secukupnya of air garam gula dan penyedap.
  8. Gunakan 1 buah of wortel serut halus.
  9. Siapkan of Berapa lembar kulit lumpia potong 4.
  10. Dibutuhkan of Cetakan kue talam.

Kamu juga bisa membedakan ikan tuna, tongkol, dan cakalang dari harganya, lho. Mengingat tuna adalah jenis ikan yang sangat populer di berbagai negara, sudah pasti ikan tuna dihargai dengan nilai yang lebih tinggi dibanding dua ikan lainnya. Ikan tongkol: warnanya agak gelap dan langsing. Punggungnya berwarna biru gelap metalik dengan pola garis-garis yang unik.

Proses menghidangkan Siomay Ikan Tongkol/Cakalang:

  1. Siangi ikan pisahkan tulang dan dagingnya. Blender ikan dengan telur labu siam bawang putih merica dan sedikit air sampai halus jika dirasa sulit lakukan sedikit demi sedikit..
  2. Lalu setelah halus semua tambahkan tepung garam gula dan penyedap..
  3. Ambil 1 lembar kulit lumpia letakkan pada cetakan kue talam ratakan lalu tuang adonan tambahkan wortel serut diatasnya. Kukus kurleb 15 menit/sampai matang angkat. Biarkan dingin siomay ikan siap digoreng/dikukus sajikan bersama sambal kacang..
  4. Selamat mencoba.😊.

Dari sekian banyak jenis ikan yang populer di Indonesia, ikan tuna, tongkol, dan cakalang, masuk dalam jajaran ikan favorit. Selain mengandung nutrisi esensial yang diperlukan tubuh, ketiganya memiliki rasa gurih yang unik dan khas. Ikan tuna, tongkol, dan cakalang juga mudah diolah menjadi aneka hidangan dan kudapan nusantara yang super lezat. Dibanding ikan tongkol dan ikan cakalang, ikan tuna ini memiliki ukuran yang paling besar. Bahkan untuk bayinya saja bisa berukuran setara dengan ukuran ikan tongkol dan.

Selamat mencoba resep siomay ikan tongkol/cakalang! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *