Resep: Roti Sobek Metode Autolisis, Enak Banget

  • 3 min read
  • Oct 26, 2021

Roti Sobek Metode Autolisis. Resep Roti Sobek Coklat Metode Autolisis. Udah lama pengen bikin roti sobek coklat tapi membayangkan harus menguleni lama ga sanggup duluan. Trus nemu metode autolisis yang ga perlu menguleni.

Hasilnya sih empuk tapi aku kurang lama ngovenya sangat disayangkan sekali.pakek metode ini gak bikin lengan capek tapi emang kita kuduk sabar karena prosesnya membutuhkan waktu yg lama agar adonan membentuk gelatin Resep Roti sobek metode autolisis. Baru perdana nich nyobain buat roti dengan metode ini, beneran jadi menghemat waktu utk menguleni dgn tangan/Mixer ya. Empuk,lembut,tidak perlu diuleni lama,tidak perlu dibanting Winar Ho..

Lagi mencari inspirasi resep roti sobek metode autolisis yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek metode autolisis yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Roti Sobek Coklat Metode Autolisis. Udah lama pengen bikin roti sobek coklat tapi membayangkan harus menguleni lama ga sanggup duluan. Trus nemu metode autolisis yang ga perlu menguleni.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti sobek metode autolisis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan roti sobek metode autolisis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan roti sobek metode autolisis sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Roti Sobek Metode Autolisis memakai 6 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Roti Sobek Metode Autolisis:

  1. Siapkan 250 gr tepung protein tinggi.
  2. Gunakan 1 buah telur + susu UHT = 160-180 ml.
  3. Sediakan 30 gr gula pasir (kalo suka manis silahkan ditambah takarannya).
  4. Ambil 1 sdt ragi.
  5. Gunakan 30 gr margarin.
  6. Sediakan Isian : chocochip dan keju cheddar.

Resep Roti Sobek Isi Coklat (metode autolisis). Roti ini empuk banget, seratnya lembut, manies nya pas dan menul-menul. Yang gak kalah penting adalah bikinnya mudah, cuma butuh sabar. Karena itu bunda nya pun asyik-asyik saja mengabulkan permintaan.

Langkah-langkah membuat Roti Sobek Metode Autolisis:

  1. Pertama kita buat adonan tepung + telur + susu + gula. Biasanya saya buat jam 22.00 sebelum tidur. Dalam gelas ukur tuang telur kemudian tambahkan susu uht hingga jumlah cairan bertambah menjadi 160-180 ml. Beri gula pasir aduk rata. Tuang ke dalam wadah tepung terigu. Cukup aduk rata dengan spatula. Pastikan semua tepung sudah terbasahi dengan cairan. Pindahkan ke dalam wadah yang diolesi minyak. Tutup dengan plastik wrap. Tinggal tidur deh..
  2. Paginya, jam 6 saya buka adonan. Adonan sudah terbentuk gluten dan lentur. Ambil ragi tambahkan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta. Tuang ragi ke dalam adonan tepung. Mixer hingga tercampur rata. Kemudian masukkan margarin mixer hingga kalis. Saya butuh 8 menit hingga adonan kalis..
  3. Bulatkan adonan. Proofing hingga mengembang 2 kali. Kempeskan adonan. Timbang dan bagi adonan. Beri isian kemudian bentuk sesuka hati. Saya lagi suka bikin roti sobek atau roti kasur. Biarkan mengembang 30 menit. Kemudian panggang hingga matang. Saya pakai otang suhu 180°C selama 25 menit. Otang kog tau suhu? Pake termometer oven.. 😋.
  4. Itu yang roti sobek warna-warni pengen bikin ala-ala Japanese Milk Bread..

Kali ini aku bikin roti dengan metode autolisis atau autolyse. Video yang aQ bagikan kali ini adalah membuat Roti Sobek menggunakan metode Autolisis. Kali ini resep papa bagikan resep roti john lengkap mulai dari rotinya hingga eksekusi nya dijamin enak banget buat sendiri lebih mudah dengan metode. Roti yang dihasilkan akan lebih bagus, enak, tekstur yang lebih baik, serta tahan lama. Meskipun metode autolyse ini lebih sering ditemui dalam pembuatan roti sourdough atau roti bernuansa Eropa, metode ini tetap dapat dilakukan kepada semua tipe roti.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Roti Sobek Metode Autolisis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *