Resep: Roti Sobek Coklat Metode Autolisis, Enak Banget

  • 3 min read
  • Oct 23, 2021

Roti Sobek Coklat Metode Autolisis. Resep Roti Sobek Coklat Metode Autolisis. Udah lama pengen bikin roti sobek coklat tapi membayangkan harus menguleni lama ga sanggup duluan. Trus nemu metode autolisis yang ga perlu menguleni.

Roti ini empuk banget, seratnya lembut, manies nya pas dan menul-menul. Yang gak kalah penting adalah bikinnya mudah, cuma butuh sabar. Karena itu bunda nya pun asyik-asyik saja mengabulkan permintaan.

Sedang mencari ide resep roti sobek coklat metode autolisis yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek coklat metode autolisis yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti sobek coklat metode autolisis, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan roti sobek coklat metode autolisis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Resep Roti Sobek Coklat Metode Autolisis. Udah lama pengen bikin roti sobek coklat tapi membayangkan harus menguleni lama ga sanggup duluan. Trus nemu metode autolisis yang ga perlu menguleni.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan roti sobek coklat metode autolisis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Roti Sobek Coklat Metode Autolisis memakai 12 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Roti Sobek Coklat Metode Autolisis:

  1. Gunakan Bahan Adonan :.
  2. Sediakan 250 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra).
  3. Ambil 50 gr gula pasir.
  4. Sediakan 100 cc susu UHT.
  5. Siapkan 1 butir telur.
  6. Ambil 1,5 sdt ragi (saya pakai fermifan) atau 7 gr.
  7. Gunakan 30 gr mentega.
  8. Sediakan 1/2 sdt garam.
  9. Siapkan secukupnya Coklat batang/meses.
  10. Sediakan Olesan :.
  11. Gunakan 1 sdm mentega.
  12. Siapkan 1 sdm gula pasir.

Kali ini aku bikin roti dengan metode autolisis atau autolyse. Video yang aQ bagikan kali ini adalah membuat Roti Sobek menggunakan metode Autolisis. Kali ini resep papa bagikan resep roti john lengkap mulai dari rotinya hingga eksekusi nya dijamin enak banget buat sendiri lebih mudah dengan metode. Penasaran sama roti sobek metode autolisis.

Langkah-langkah membuat Roti Sobek Coklat Metode Autolisis:

  1. Campurkan semua bahan adonan kecuali fermifan (asal rata saja). Lalu rounding (bulatkan). Tutup dengan serbet atau plastik wrap hingga 6-8 jam.
  2. Proses autolisis akan membuat adonan kalis karena membentuk ikatan gluten alami..
  3. Setelah 6-8 jam, campur dengan fermifan. Sebelumnya campur fermifan dg 2-3 sdm air agar lebih mudah tercampur. Boleh diuleni dengan tangan atau mixer ulir. Saya uleni dengan tangan dulu 5 menit lalu mixer ulir 5 menit. Lalu proofing selama 10 menit. Tutup dengan serbet atau plastik wrap..
  4. Tinju adonan untuk mengeluarkan udara lalu bagi adonan menjadi 9 bagian. Isi dengan coklat batang/meses..
  5. Tata dalam loyang yang dialasi kertas baking atau olesi dengan mentega. Proofing lagi 1 jam agar adonan membesar. Tutup dengan serbet/plastik wrap..
  6. Setelah 1 jam panaskan oven selama 10 menit. Lalu baking adonan dengan suhu 150 selama 40 menit (saya pakai api atas bawah). Jangan terlalu panas agar roti lembab dan tidak keras..
  7. Setelah matang olesi dengan bahan olesan. Mentega dan gula pasir dilelehkan tapi jangan sampai gula hancur. Setelah dioles tutup sebentar..
  8. Siap disajikan..

Haiii, ini sya bikin roti buat cemilan untuk temen minum kopi suami di pagi hari. Cara membuat roti sobek atau roti isi dengan metode water roux untuk mendapatkan roti yang lembutnya tahan lama Bahan Isian Roti: Coklat bubuk atau coklat batang yang dilelehkan atau juga bisa bahan isian roti khusus dari coklat yang dijual di toko bahan roti. Donat dengan metode autolisis ini hasilnya donat super lembut seperti kalau diulen dengan mixer. Kelembutannya bisa tahan lama sampai besok pagi juga masih lembut. Dulu sekali ya moms awal belajar baking saya kalau membuat donat ini masih ulen dengan tangan karena gak kepikiran kalau hand mixer bisa digunakan untuk mengaduk roti.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan roti sobek coklat metode autolisis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *