Resep Donat lembut tanpa ulen, Lezat Sekali

  • 3 min read
  • Oct 28, 2021

Donat lembut tanpa ulen. Kali ini aku mau berbagi resep donat paling simpel tanpa diulen dan hasilnya nggak mengecewakan tetep montok dan lembuut banget. Saya menggunakan metode autolisis jadi adonan akan elastis sendiri tanpa diulen. Lihat juga resep Donat kentang, lembut tanpa ulen enak lainnya.

Lihat juga resep Donat ala jco lembut simple tanpa ulen "LC" enak lainnya! Resep Donat Kentang Tanpa Di Uleni – Donat merupakan salah satu camilan yang paling banyak di sukai anak-anak. Selain rasanya yang enak dengan citarasa manis yang pas, teksturnya yang lembut dan halus pun yang membuat donat jadi camilan yang enak untuk berbagai acara.

Lagi mencari ide resep donat lembut tanpa ulen yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat lembut tanpa ulen yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kali ini aku mau berbagi resep donat paling simpel tanpa diulen dan hasilnya nggak mengecewakan tetep montok dan lembuut banget. Saya menggunakan metode autolisis jadi adonan akan elastis sendiri tanpa diulen. Lihat juga resep Donat kentang, lembut tanpa ulen enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat lembut tanpa ulen, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan donat lembut tanpa ulen yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan donat lembut tanpa ulen sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Donat lembut tanpa ulen menggunakan 9 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Donat lembut tanpa ulen:

  1. Siapkan 350 gr terigu protein tinggi.
  2. Sediakan 1 butir telur.
  3. Sediakan 50 gr gula pasir.
  4. Sediakan 3 sdm susu bubuk.
  5. Siapkan Sejumput garam.
  6. Sediakan 7 gr ragi instan (Saya fermipan).
  7. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  8. Ambil 175 ml air hangat kuku.
  9. Sediakan 45 gr butter mix margarin.

Bukan tanpa alasan, karena donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang jauh lebih lembut dibanding donat terigu. Terlepas dari itu, saya selalu menyukai aneka jenis olahan donat yang ada di Indonesia. Mulai dari donat kampung yang dibuat dengan bahan sederhana dan ala kadarnya.. Cara Membuat Resep Donat Kentang Tanpa Di Ulen.

Langkah-langkah membuat Donat lembut tanpa ulen:

  1. Dalam Gelas, masukan gula pasir Dan ragi instan, tuangkan air hangat, aduk rata. Tunggu hingga muncul buih/busa. Sekitar 5-10 menit. Kalo ragi nya ga berbusa jangan digunakan ya nanti banget, bikin ulang lagi step ini..
  2. Dalam wadah besar/baskom/mangkok, campurkan terigu, susu bubuk, gula pasir. Aduk rata. Lalu masukan telur Dan cairan biang, aduk rata Dengan spatula..
  3. Terakhir masukan garam Dan masukan butter mix margarin (Saya pakai palmia) tadi. Campur Dan Uleni Dengan tangan sebentar aja sampai seluruh Adonan tercampur rata Dengan butternya..
  4. Adonan Akan sedikit lengket, jadi sering taburi tangan Dan wadah dengan sedikit tepung terigu untuk memudahkan proses menguleni, lakukan hanya sekitar 5 menit sampai rata..
  5. Bulatkan adonan Dan Tutup adonan Dengan kain bersih. Lalu Simpan adonan sampai mengembang 2x lipat. Saya Diamkan kurang lebih 30menit Karena pas bikin hujan agak dingin suhunya. Di resep asli hanya 15 menit..
  6. Setelah mengembang 2x lipat, kempeskan adonan untuk mengeluarkan gas didalam nya, Dengan Cara meninju bagian tengah adonan..
  7. Setelah itu bagi donat menjadi beberapa bagian, lalu bentuk menjadi bulatan kecil. Saya timbang masing masing 45 gr. Jangan lupa taburi alas/meja kerja can tangan dg terigu ya agar tidak lengket..
  8. Lalu sedikit pipihkan adonan yg sudah dibentuk bulat kecil tadi Dengan bantuan telapak tangan. Lubangi tengahnya dg spuit atau jari boleh hehe.. kemudian diamkan sekitar 15 menit/hingga mengembang lagi..
  9. Setelah semua Adonan donat mengembang, lalu panaskan minyak goreng. Goreng satu persatu donat tadi..
  10. Tips : goreng donat hanya 1 x balik. Jika sisi bawah sudah kecoklatan balik, Dan jika sudah kecoklatan angkat. Tujuannya agar donat Tidak menyerap banyak minyak dan matang sempurna. Angkat. Tiriskan..
  11. Setelah dingin, baru berikan topping sesuai selera. Kebetulan Ada sisa buttercream sehabis bikin strawberry shortcake yg sampe sekarang belum sempet ditulis resepnya maafkan….
  12. Saya hias Dengan buttercream + keju, buttercream + selai strawbery, milo, Dan gula halus..
  13. Sajikan Dan hias sesuai selera..

Donat autolysis tanpa ulen cocok untuk roti dan pizza !! Donat labu kuning ini saya buat kemarin sore, masih setia dengan resep donat tanpa ulen, secara sampai saat ini saya masih malas mengulen manual. Labu kuningnya memanfaatkan sisa labu kuning yang sebelumnya saya buat cake kukus labu kuning. Nah labunya sendiri sudah saya haluskan lalu saya simpan di freezer. Hai semua.ketemu lagi di channel youtube atha naufal. hari ini mama atha mau buat donat ulen sedikit tanpa lelah yang super lembut dan enak banget dan pa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat donat lembut tanpa ulen yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *