Aneka Resep: Sop Tetelan Sapi dan Bakso yang Enak

  • 3 min read
  • Aug 10, 2021

Ingin tau rahasia bikin sop tetelan sapi dan bakso yang lezat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep sop tetelan sapi dan bakso terbaik! Satu lagi hidangan yang bisa membuat meja makan semakin meriah – sop tetelan sapi dan bakso! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Banyak orang tidak berani memasak sop tetelan sapi dan bakso karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sop tetelan sapi dan bakso! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging Bakso urat adalah bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar. Bakso Unyil adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya. Cara Memasak Bakso Sapi Kenyal Alami.

Kalian dapat menghidangkan sop tetelan sapi dan bakso hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sop tetelan sapi dan bakso!

Untuk menyiapkan Sop Tetelan Sapi dan Bakso, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 200 gr of tetelan sapi.
  2. Gunakan 200 gr of bakso sapi / ayam.
  3. Siapkan 2 bh of wortel, potong sesuai selera.
  4. Siapkan 2 bh of kentang ukuran besar, potong sesuai selera.
  5. Sediakan 50 gr of Kacang merah yg sudah direndam 1 malam (optional).
  6. Sediakan 2 1/2 sdt of garam.
  7. Gunakan 2 1/2 sdm of gula.
  8. Gunakan 1 sdt of kaldu jamur (optional).
  9. Diperlukan 1,7 L of air.
  10. Sediakan of Bumbu Halus :.
  11. Siapkan 7 siung of bawang putih.
  12. Diperlukan 8 siung of bawang merah.
  13. Dibutuhkan 1 ruas jari of jahe.
  14. Sediakan 1/2 sdt of pala bubuk atau ½ buah pala.
  15. Ambil 1/2 sdt of merica bubuk.
  16. Sediakan of Bumbu Kering :.
  17. Diperlukan 2 bh of bunga lawang.
  18. Diperlukan 4 bh of kapulaga.
  19. Diperlukan 1 btg of kayu manis.
  20. Ambil 2 ruas jari of jahe (geprek).
  21. Diperlukan of Pelengkap :.
  22. Sediakan 1 btg of daun bawang, iris jasar.
  23. Dibutuhkan 1 btg of daun sop, iris kasar.
  24. Gunakan 1 bh of tomat ukuran kecil, potong kasar.
  25. Dibutuhkan 1 sdm of bawang goreng.

Pertama, giling daging sapinya terlebih dahulu. Bagi Kamu yang punya penggiling di rumah, bisa menggilingnya sampai menyerupai pasta. Tambahkan penyedap rasa dan lada bubuk, lalu masukan juga tetelan sapi. Tetelan ini sangat terasa sedap dan gurih serta bertekstur kenyal.

Langkah-langkah membuat Sop Tetelan Sapi dan Bakso:

  1. Rebus sebentar tetelan untuk membuang kotorannya. Sekitar 5 menit aja, buang airnya. Lalu potong sekitar 2-3 cm. Atau sesuai selera aja ya mom..
  2. Haluskan bahan bumbu halus. Campur bumbu kasar dan halus. Maaf, bunga lawang saya pada hancur 😭..
  3. Siapkan panci, beri minyak, lalu tumis semua bumbu hingga harum. Jangan lupa buah pala bubuk dan mericanya juga ditumis yaaa..
  4. Tuang air ke panci, lalu masukkan daging tetelan dan kacang merah. Tutup panci, biarkan mendidih..
  5. Jika sudah mendidih, masukkan wortel dan kentang. Masak hingga hampir matang..
  6. Bila wortel dan kentang hampir matang, masukkan bakso, gula, garam dan kaldu bubuk. Tes rasa. Pada saat menambahkan gula garam ini sedikit sedikit dulu ya mom. Sesuaikan selera masing-masing..
  7. Kecilkan api, tambahkan tomat, daun bawang dan daun sop. Biarkan sebentar. Matikan api, lalu tambahkan bawang goreng..
  8. Sajikan sayur sop bersama nasi hangat dan sambel kecap.. emmm.. mantap mom! Tapi sambel kecapnya lupa difoto. 😅 Selamat mencoba ya!!!.

Tak heran kalau biasanya tetelan digunakan untuk membuat kaldu pada masakan berkuah seperti bakso ataupun kuah sop. Misalnya saja asem-asem tetelan sapi, oseng-oseng mercon, sop tetelan dan banyak lainnya. Resep Bakso Beranak – Belakangan ini bakso beranak memang tengah hitz dan populer di masyarakat Indonesia. Jawabannya adalah di penyajiannya yang unik dan berbeda dari kreasi bakso lainnya. Yup, rasa-rasanya kalau bakso di isi tetelan dan telur ayam atau telur puyuh sudah.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat sop tetelan sapi dan bakso hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.